oleh

Pamekasan Targetkan Jadi Juara Umum MTQ 2021 Tingkat Jatim

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Wakil Bupati Pamekasan Raja’e menargetkan Kabupaten Pamekasan menjadi juara umum pada ajang Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang akan digelar pada tahun 2021 mendatang.

Hal itu disampaikan selepas membuka MTQ tingkat kabupaten ke-29 di Lapangan Nagara Bhakti Kompleks Mandhapa Agung Ronggosukowati Pamekasan, Selasa (11/8/2020).  Kegiatan dibuka dengan basmalah dan ditandai dengan pemukulan beduk oleh Wakil Bupati Pamekasan Raja’e.

Dalam kesempatan itu juga nampak Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan Totok Hartono, Kapolres Pamekasan AKBP Djoko Lestari, Kajari Pamekasan Mukhlis, ketua Pengadilan Negeri Pamekasan dan perwakilan dari Kodim 0826 Pamekasan serta disaksikan para peserta lomba MTQ Jatim ke-29.

Menurut Wakil Bupati Pamekasan Raja’e, jika Pamekasan berhasil juara umum pada MTQ tingkat Jatim, bisa sebagai penanda bahwa masih banyak lahir generasi hebat yang membumikan Alquran di daerah berjuluk Bumi Ratu Pamellingan ini.

“Target kita adalah juara umum nanti di MTQ yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 pada tingkat Provinsi Jatim, jadi kalau hari ini kita melahirkan qori’ dan qoriah yang hebat, insyaallah pada tingkat Jatim kita bisa menjadi juara umum,” ungkapnya.

Untuk mencapai target yang diharapkannya, berbagai persiapan sudah disiapkan, mulai dari kesiapan SDM peserta lomba, pendampingan kepada peserta lomba dan koordinasi dengan lembaga pondok pesantren yang fokus pada bidang pengembangan hafalan Alquran.

“Segala upaya harus kita persiapkan betul, jadi tidak hanya bersifat formalitas setiap tahun, tetapi betul-betul mempersiapkan diri kita untuk membentuk generasi yang qur’ani,”tuturnya.

Menurut mantan kepala Desa (kades) Bujur Barat itu, generasi qur’ani pada esensinya tidak hanya urusan menghafal Alquran yang hebat, melainkan bisa dicerminkan pada kegiatan sehari-hari dalam rangka mendukung terbentuknya masyarakat yang selalu berperilaku baik.

“Tidak hanya membumi dalam kontes bacaan dan konteks perlombaan, tetapi dalam segala aktivitas sehari-hari, bahwa generasi qur’ani sesungguhnya harus mencerminkan nilai qur’ani,” kata Raja’e.

Namun secara umum, MTQ ke-29 diharapkan melahirkan generasi hebat yang luar biasa, yang bisa jadi teladan bagi generasi penerus, sehingga upayanya menjadikan kabupaten Pamekasan yang hebat rajjeh bhejreh tor parjugheh bisa dengan mudah dicapai.

“Harapannya, apa yang kita lakukan dan sekarang secara bersama-sama oleh Pemkab Pamekasan bersejalan dengan visi dan misi yang ada,” pungkasnya. (rul/waw/*)

Komentar

News Feed