Pamekasan Terancam Gagal Capai 70 Persen Cakupan Vaksinasi di Akhir Tahun

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ALI WAFA) MASIH RENDAH: Cakupan vaksinasi di Pamekasan belum mencapai syarat herd immunity yaitu 70 persen.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Target mencapai herd immunity pada akhir tahun ini terancam gagal. Sebab, hingga saat ini cakupan vaksinasi belum mencapai 70 persen sesuai target capaian herd immunity pada akhir tahun 2021 dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Pamekasan dr. Achmad Marsuki menyebut, cakupan vaksinasi di Pamekasan saat ini baru mencapai Rp28,37 persen. Dia mengatakan, saat ini Pamekasan menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3. Hal itu sebagaimana kebijakan pemerintah pusat.

Dinkes Pamekasan terus berupaya memasifkan program vaksinasi di Pamekasan untuk segera mencapai herd immunity. Vaksinasi terus dilakukan kepada kelompok lanjut usia (lansia), remaja dan tenaga kesehatan (nakes).

“Saat ini baru 28,37 persen. PPKM level 3 sudah diterapkan,” ungkap Marsuki.

Sedangkan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Pamekasan Kusairi menjelaskan, penerapan PPKM level 3 merupakan kebijakan pemerintah pusat untuk seluruh daerah di Indonesia. Hal itu karena beberapa faktor. Salah satunya, karena masih belum tercapainya herd immunity di Indonesia. Selain itu mengingat menjelang libur Natal dan libur tahun baru.

Karena penerapan PPKM level 3 itu pihaknya melakukan pengetatan dalam penerapan protokol kesehatan (protkes). Karena itu, pihaknya meminta seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mencapai herd immunity dengan mengikuti vaksinasi. Agar seluruh sektor kembali normal jika wabah Covid-19 hilang.

“Kami tetap melakukan pengetatan dan pendisiplinan sambil lalu program vaksinasi dimasifkan,” ucap Kusairi.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Wawan A. Husna

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *