oleh

Pamekasan-Unesa Jalin Komitmen Penguatan SDM

KABARMADURA.ID, Pamekasan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan terus menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi dalam rangka penguatan sumber daya manusia (SDM). Kerja sama tersebut, dalam rangka mewujudkan langkah progresifdalam mendorong terciptanya insan unggul di kabupaten berjuluk Kota Pendidikan ini.

Bahkan, Pemkab Pamekasan telah menjalankan sejumlah program dalam mewujudkan hal itu, salah satunya beasantri, atau beasiswa untuk santri dalam menempuh pendidikan. Tahun 2021 mendatang, Pemkab Pamekasan juga menyiapkan beasiswa untuk pelajar Pamekasan. Beasiswa itu akan diberikan hingga masuk perguruan tinggi.

Program-program inovatif Pemkab Pamekasan itu, langsung disambutUniversitas Negeri Surabaya (Unesa). Sivitas akademika kampus negeri di Surabaya itu, langsung mendatangi Pamekasan.

Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan memimpin langsung kunjungan tersebut, ditemani beberapa civitas akademika Unesa. Kedatangan pada pimpinan Unesa itu, juga disampaikan atas rekomendasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setelah mengetahui berbagai program terobosan Pemkab Sumenep di bidang pendidikan.

Bertempat di ruang dalam pringgitan Mandhepah Aghung Ronggo Sukowati Pamekasan itu, kehadiran Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasandisambut langsung oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan Akhmad Zaini serta pimpinan organisasi pimpinan daerah (OPD) lainnya.

Momentum itu kemudian dilanjutkan dengan jalinan kerja sama antara Pemkab Pamekasan dengan Unesa.

Dalam sambutannya, Bupati Pamekasan Baddrud Tamam menyatakan, dengan terciptanya komitmen bidang pengembangan SDM tersebut, merupakan anugerah yang sangat luar biasa.Sebab,bergayung sambut dengan program prioritasnya dibidang pendidikan.

“Yang menarik, Unesa akan memberikan beasiswa kepada hafid dan hafiza, kepada anak yang berprestasi untuk mendapatkan beasiswa dari Unesa. Ini sunguh anugrah yang luar biasa,”ungkapnya, Senin (16/11/2020).

Tidak hanya itu, pertemuan tersebut juga menghasilkan kesepakatan bahwa Unesa siap membangun kampus sesuai dengan kebutuhan dan kajian Pemkab Pamekasan. Selanjutnya, pihaknya akan membuat tim kecil untuk merespon langkah kerja sama itu.

“Semakin banyak kampus dengan kualitas dosen dan penggermbelengan yang berkualitas, akan membuka peluang beberapa sumber daya kita bersaing dengan beberapa sumberdaya dengan kabupaten lain di Indonesia,”urainya.

Sementara itu, Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan menyampaikan, komitmen kerja samaitu juga dinlai sebagai ikhtiar yang luar biasa dari Pemkab Pamekasan.Sebab dari kuatnya pengembangan SDM, bisa berpengaruh besar terhadap kemajuan suatu daerah.

“Jadi kedepan ada keputusan bersama untuk meningkatkan SDM unggul, seperti yang diharapkan oleh presiden kita, dimana membangun itu secara bersama-sama,”pungkasnya. (rul/waw)

Komentar

News Feed