Pameran Kesenian di Sampang Merosot Drastis saat Covid-19

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) KREATIF: Salah satu karya seniman Sampang yang dipajang di sejumlah tembok di gedung Dewan Kesenian.

KABARMADURA.ID, SAMPANG- Aktivitas Dewan Kesenian di Sampang mengalami penurunan sejak setahun setengah terakhir. Hal tersebut dibuktikan dari minimnya pameran kesenian dan lukisan di Sampang.

Sejak wabah Covid-19 melanda Indonesia, kegiatan pameran seni berkurang drastis. Sebagaimana yang diakui oleh Ketua Dewan Kesenian Sampang Chiril Alwan, bahwa tidak adanya kegiatan disebabkan terkendala aturan, seperti penerapan protokol kesehatan (prokes) dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“Kami memang benar-benar tidak bisa melakukannya. Sehingga banyak kegiatan yang direncanakan belum terealisasi,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, setiap bulan biasanya ada kegiatan. Bahkan, sebulan bisa dua kali. Selain itu, pihaknya baru saja menyelenggarakan pameran di alam terbuka, bekerjasama dengan Komunitas Perupa Sampang (KPS).]

Minimnya pameran, tambah dia, akan berdampak pada kreativitas pecinta seni. Semangat untuk berkreasi  akan berkurang karena tidak ada wadah untuk menampilkan hasil karya.

“Yang jelas, semakin banyak pameran, maka memacu seniman memperbanyak karya. Sebab tidak mungkin satu karya ditampilkan berkali-kali dalam pameran berbeda,” katanya.

Ia juga mengungkapkan, salah satu kendala dalam menyelenggarakan pameran yaitu gedung Dewan Kesenian yang masih dipergunakan untuk posko penanganan Covid-19. Hal itu menyebabkan para seniman kesulitan untuk berkumpul.

REPORTER: Fathor Rahman

REDAKTUR: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *