PAN Masih Enggan Cairkan Dana Banpol

  • Whatsapp
TAK MINAT: Dewan Pengurus Daerah Partai Amanat Nasional (PAN) Bangkalan enggan mencairkan dana banpol.

Kabarmadura.id/Bangkalan-Tahap verifikasi pencairan dana Bantuan Politik (Banpol) telah berakhir (12/9) lalu. Dari 10 partai politik (parpol) yang mendapatkan banpol, satu di antaranya enggan untuk mencairkan dana tersebut. Parpol tersebut yakni Partai Amanat Nasional (PAN). Akibatnya, dana yang telah dianggarkan sekitar Rp1,5 miliar itu tidak terserap 100 persen.

“Verifikasi sudah, tahap pertama banpol ini hanya ada satu yang tidak menyerap, dari partai PAN,” kata Ketua Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Bangkalan Bambang Setiawan, Rabu (17/9).

Menurut keterangan dari Bambang (sapaan akrabnya), DPD PAN Bangkalan belum memberikan alasan jelas, terkait alasan tidak mengambil dana banpol tersebut. Hanya sja kata Bambang, berdasarkan informasi yang diperoleh, DPD PAN masih takut untuk melakukan pencairan banpol tersebut.

“Kalau alasannya PAN tidak menjelaskan secara khusus, hanya saja katanya belum siap mengambil,” jelasnya.

Diungkapkan Bambang, meski pada tahap pertama PAN enggan mengambil dana banpol tersebut, partai berlambang matahari itu masih tetap berhak mendapatkan dan mengambil dana banpol itu pada pencairan tahap kedua.

“Kalau tidak diambil nanti masuk kas daerah, ini kan dananya dari kas daerah. PAN tetap diberikan dana pada tahap kedua, tahap pertama juga masih boleh diambil pada tahap kedua nanti jika mau,” jelas Bambang.

Di tempat terpisah, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan Solihin dari PAN, membenarkan jika partainya tidak mengambil dana banpol tersebut. Dirinya menuturkan, belum bisa memastikan kenapa PAN enggan mengambil dana tersebut. Sebab, menurutnya, Ketua DPD PAN Abdur Rahman tidak memberikan keterangan lebih lanjut.

“Tidak mengambil, kalau dari ketua saya tanya katanya takut, saya tidak tau takut karena apa. Padahal sudah saya sarankan untuk mengambil agar setiap kegiatan yang dilakukan PAN tidak menggunakan iuran dari masing-masing anggota,” pungkasnya. (ina/pin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *