Pandemi, Ketersediaan Obat di Bangkalan Rentan Dimanfaatkan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) AKBP Alith Alarino Kapolres Bangkalan

KABARMADURA.ID, BANGKALAN– Upaya pengawasan penggunaan dan penjualan obat-obatan akan menjadi perhatian serius kepolisian. Bahkan, menjadi peredarannya menjadi skala prioritas untuk tetap terpantau. Hal ini diungkapkan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bangkalan AKPB Alith Alarino, Kamis (29/7/2021).

Menurutnya ditengah pandemi, oksigen dan obat-obatan harus tetap terjamin ketersediaan dan kemudahannya untuk diakses oleh masyarakat. Sehingga, ketersediaannya harus dipantau secara rutin untuk memastikan stok aman.”Kami memang sudah agendakan, dalam waktu dekat akan kami lakukan,” ujarnya.

Dia menuturkan, kebutuhan obat-obatan merupakan kebutuhan pokok bagi pasien dan masyarakat. Sehingga, harus benar-benar dipastikan ketersediaannya. Apalagi, jika ada oknum yang memanfaatkan kesempatan tersebut. “Saya harap di Bangkalan aman, tidak ada yang seperti itu,” tuturnya.

Bahkan menegaskan, tidak hanya mengawasi ketersediaanya. Melainkan mulai dari distribusi dan harga akan dipantau. Setidaknya, untuk memastikan agar penggunaan obat sesuai dan tidak ada oknum yang memanfaatkan kesempatan pandemi untuk menaikkan harga.

“Kami akan lakukan ini secara periodik dan bertahap, agar semuanya bisa dipastikan. Semua apotek akan kami periksa secara acak dan akan kami lakukan secara tidak teratur untuk mengetahui kebenarannya,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Bangkalan Nur Hasan berjanji, akan segera melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) mengenai pengawasan obat-obatan. “Kami akan segera lakukan komunikasi dengan dinas, karena ini situasinya juga urgent,” responnya.

Bahkan juga merencanakan, pemantauan langsung ke apotek jika pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat sudah selesai. Sedangkan untuk sementara, belum bisa bertindak banyak demi mematuhi kebijakan PPKM dari pemerintah pusat. “Tunggu PPKM selesai, kami juga akan mengawasi langsung,” responnya. (hel/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *