oleh

Panduan Praktis Menjadi Perempuan Berakhlak Mulia

Oleh Ahmad Farisi*

“Perempuan adalah tiang negara. Apabila perempuannnya baik maka baiklah negara itu. Namun, jika perempuannya rusak maka rusaklah negara tersebut”. Kira-kira seperti itulah kata-kata bijak yang dikutip oleh Abdul Syukur pada pembukaan buku ini yang menggambarkan betapa pentinggnya seorang perempuan yang baik dan berakhlak mulia.

Perempuan yang baik, atau berahklak mulia adalah perempuan yang sopan, taat menjalankan ibadah dan tidak suka mengumbarkan kelebihan dan kecantikannya pada orang lain, baik di dunia nyata mau pun di dunia maya. Lebih-lebih juga tidak sombong dan kufur terhadap kelebihan dan kekurang yang dimiliki. Perempuan yang baik dan berahklak mulia senantiasa selalu rendah hati dan selalu   berusaha mensyukuri segala pemberian dan karunia Tuhan, baik yang menyenangkan ataupun tidak.

Menurut Abdul Syukur, untuk menjadi perempuan yang baik dan berahlak mulia adalah bisa dilakukan dengan cara menjalankan ibadah sesuai dengan tuntunan syariat Islam. Sebab, apabila ibadah sudah dilakukan dengan benar dan sesuai dengan tuntunan syariat maka rahmat dan karunia Alla Swt. akan senantiasa mengiringi kehidupan para perempuan. Sehingga, dalam setiap keadaan para perempuan akan selalu dibimbing untuk selalu di jalan yang benar dan ridhai (hlm 5).

Sebaliknya, menurut Syukur, jika ibadah yang dilakukan oleh para perempuan tidak sesuai dengan syariat Islam, maka hal itu bisa mengakibatkan tertolaknya ibadah perempuan. Bahkan, bisa jadi juga akan menjadi penghalang untuk perempuan mendapatkan rahmat dari Allah Swt. Dan akibatnya, jika para perempuan tidak mendapat rahmatnya, maka bisa dipastikan para perempuan akan rusak ahklak dan moralitasnya. Dan rusak pulalah kehidupan berbangsa kita ini.

Karena itu, demi mencegah terjadinya kesalahan-kesalahan bagi kaum perempuan dalam menjalankan ibadah, agar tidak berakibat fatal, baik bagi perempuan itu sendiri atau kepada lingkungan sosialnya, buku ini hadir dengan sekumpulan cara dan metode bagi perempuan agar tidak salah dalam menjalankan ibadahnya.

Selain itu, buku ini juga menegaskan, agar di era digital seperti saat ini, para kaum perempuan juga bisa lebih hati-hati ketika bermedia. Sebab, hari ini sudah banyak kaum perempuan khususnya, yang menjadikan media sosial sebagai sarana untuk sombong-sombongan, mengumbar kekayaan dan kecantikan. Bahkan, juga tak sedikit para perempuan yang menjadikan media sosial sebagai media untuk menjalin hubungan dengan lelaki yang bukan muhrimnya, seperti selingkuh, misalnya.

Buku ini sangat komplit membahas tata cara beribadah yang benar bagi kaum perempuan, mulai dari ibadah yang sifatnya khusus hingga yang umum pun tuntas dikupasnya. Bagi kaum perempuan, buku bersampul ungu ini sangat penting untuk dibaca. Dengan segala ridha-Nya, besar kemungkinan buku ini akan mampu mengantarkan kaum perempuan pada jalan yang lebih baik, benar dan lebih-lebih menjadi perempuan yang berakhlak mulia.

*)Pegiat literasi di Garawiksa Intitute Yogyakarta

Judul               : Super Lengkap dan Praktis Ibadah Muslimah Shalihah Sepanjang Tahun

Penulis             : Abdul Syukur

Penerbit           : Laksana

Cetakan           : Pertama, 2020

Tebal               : 246 halaman

ISBN               : 978-602-407-731-0

Komentar

News Feed