oleh

Pansus I DPRD Sampang Ungkap Dua Draf Raperda Bermasalah

Kabarmadura.id/Sampang-Panitia Khusus (Pansus) I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang, menungkap beberapa persoalan dalam dua rancangan peraturan daerah (raperda), terkait rencana detail tata ruang dan peraturan zonasi bagian wilayah perkotaan Camplong 2019-2039, serta raperda penyelenggaraan kearsipan.

Ketua Pansus I DPRD Sampang Ubaidillah mengungkapkan, dalam draf dua raperda yang akan dibahas oleh timnya itu, ditemukan beberapa persoalan, pihaknya mengaku telah membuat Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) yang bersifat sementara, sehingga nantinya akan dikembangkan dalam rapat internal Pansus.

Diungkapkannya, Pansus sudah menginventarisasi sebanyak 25 temuan pada raperda tentang rencana detail tata ruang dan peraturan zonasi bagian wilayah perkotaan Camplong.

“Sedangkan untuk raperda penyelenggaraan kearsipan juga ditemukan 8 masalah,” ungkap Ubaidillah, Kamis (13/2/2020).

Ubaidillah mengungkapkan, temuan yang sudah diinventarisasi dalam DIM tersebut, akan dibahas di meja Pansus I dengan pihak-pihak terkait. Pihaknya akan melakukan penelitian secara detail substansial raperda yang ada, agar menjadi acuan regulasi yang baik bagi Pemkab Sampang dalam mengambil keputusan strategis.

Pria yang akrab disapa Ubed itu menegaskan, ada beberapa catatan penting dalam draf dua raperda yang tengah dikaji itu. Mulai dari isi pasal yang digunakan, dinilai kontradiksi dan salah penulisan.

“Kami melakukan langkah-langkah ini, untuk memastikan dapat menghasilkan peraturan yang tidak multitafsir, tidak kontradiksi, dan tidak terjadi pengulangan substansi dari setiap pasal yang tertuang di dalamnya,” jelasnya.

Sementara itu, Pansus II DPRD Sampang fokus pada tiga Raperda, antara lain, raperda perubahan ketiga atas Perda Nomor 5 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum. Rapaerda perubahan kedua atas Perda Nomor 6 tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha, dan Raperda perubahan kedua atas Perda Nomor 7 tahun 2011 tentang Retribusi Izin Tertentu. (sub/pin)

 

Komentar

News Feed