Pantai Keris, Potensi Wisata Baru di Gapura yang Dilirik Disparparbudpora

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/Sumenep/GAPURA-Satu lagi potensi wisata Sumenep yang layak dikembangkan, yakni Pantai Keris yang terletak di Desa Gresik Putih Gapura Sumenep.

Sherli Aulia, pengunjung Pantai Keris mengakui datang jauh-jauh dari Kota Sumenep hanya ingin melihat dan menikmati langsung keindahan Pantai Keris. Namun, ternyata mempunyai daya tarik tersendiri.

Bacaan Lainnya

”Sebelum ini, saya tahunya dari facebook. Teman yang mengunggahnya dan beberapa group medsos, kemudian beberapa hari lalu ada beritanya sehingga saya bersama teman-teman ke sini,” katanya, Selasa (16/6/2020).

Menurutnya, pantai keris mempunyai keunikan tersendiri. Sebab, berbeda dengan pantai yang lainnya, saat ini, akses jalan menuju kawasan Pantai Keris memang belum beraspal. Melewati jalan pinggir tambak garam dan sungai.

“Saya rasa merupakan keunikan tersendiri. Natural, apalagi di sekitarnya banyak area menarik yang melengkapi seperti hutan mangrove dan pandan siring. Bagus untuk swafoto,” ujarnya.

Diketahui, Lanskap Pantai yang berbentuk mirip keris dan menjulur ke arah ujung selatan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Seolah tak ingin menyia-nyiakan momen di area tersebut, mereka juga mengabadikannya dalam kamera gawai dan berswafoto di Pantai Keris. Dari kawasan pantai ini, pengunjung bisa melihat sunset pada pagi hari.

Bahkan, beberapa komunitas fotograji yang tertarik menjadikan kawasan pantai alami ini sebagai objek baru kegiatannya. Memotret potongan keindahan dikawasan Pantai Keris dan alam sekitar Gersik Putih yang memesona.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Keris Gersik Putih, Yono Wirawan mengakui sudah mulai banyak warga luar desa dan kecamatan berdatangan berkunjung ke Pantai Keris. Mereka umumnya penasaran dengan pantai yang berada di sekitar pesisir Gersik Putih, Pulau Poteran Talango, dan Kalianget.
Menurutnya, warga Gersik Putih sangat wellcome dengan siapapun yang akan berkunjung ke Pantai Keris. Kawasan tersebut sangat potensial untuk diberdayakan sebagai destinasi wisata baru di Bumi Sumekar. Pihaknya berharap Pemerintah daerah tidak menyia-nyiakan potensi yang dimiliki Gersik Putih disektor pariwisatanya.

”Selama ini, Gersik Putih dikenal banyak tambak garam. Tapi, kalau ditelusuri lebih dalam sebenarnya memiliki potensi wisata luar biasa,” ujarnya.

Kepala Bidang (Kabid) Parwisata Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep Imam Buchori mengatakan, pantai keris itu sangat potensial dan dapat dijadikan satu paket dengan wisata kota tua. Sebab, memiliki daya tarik yang berbeda dengan parntai-pantai lain. Sebab, di sana merupakan selat, dan selatnya berliku-liku termasuk selat Talango-kalianget.

Tidak hanya daya tarik pantainya, termasuk juga banyak stok yang dapat dimanfaatkan. Misalnya, penyewa perahu kecil. Hal tersebut tidak usah pakai mesin. Cukup disewakan pakai dayung.

“Kami juga akan berusaha untuk mengembagkan wisata di sana,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPRD Sumenep M. Syukri menyampaikan, upaya untuk mengembangkan dana dari pemerintah pusat harus diseriusi. Potensi yang dimiliki bisa dipromosikan kepada pemerintah pusat. Sehingga, Pantai Keris dapat dilirik masyarakat hingga internasional.
Syukri meminta dukungan dari semua pihak. Tanpa sinergitas dari semua elemen masyarakat, pengembangan wisata tidak akan berjalan optimal. Manakala pengelolaannya nanggung.

“Pada prinsipnya, semua wisata layak dikembangkan. Terlebih Pantai Keris itu,” pungkasnya. (imd/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *