oleh

Partai Minoritas Kikis Kekuatan Mayoritas

Kabarmadura.id/SAMPANG-Setiap partai politik (partai politik) di Sampang sudah saling mengklaim mendapatkan jumlah kursi. Kendati masih terdapat sengketa antara calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Hanura dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), jumlah yang berhasil direbut 11 parpol sudah tepat, 45 kursi.

Ketua DPC PKB Sampang, Fauzan Zaini mengklaim, pemilu tahun ini berhasil mengantongi tujuh kursi. Dari 6 daerah pemilihan di Sampang, masing-masing terisi satu caleg terpilih dari PKB.Namun di Dapil SampangV (Sokobanah dan Karang Penang) PKB meraih dua kursi parlemen.

Sementara Sekretaris DPC Gerindra Kabupaten Sampang, Fauzan Adima yang mengklaim banyak kader potensialnya pindah partai, namun tidak mengubah performa partainya. Dalam pileg kali ini mendapat 6 kursi, dari setiap dapil terdapat satu orang terpilih.

Sekretaris DPC Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Nur Hasan juga memperoleh dua kader duduk di parlemen, yakni dari Dapil Sampang I dan IV.

Sekretaris Partai Golongan Karya ‎(Golkar) Sampang Sahid mengatakan, pemilu kali ini mendapat tambahan kursi 100 persen, dimana pada periode sebelumnya hanya ada dua kursi, kini menjadi empat kursi dari Dapil Sampang I, II, V dan VI.

Kemudian Ketua DPC Partai NasDem Sampang Zainudin mengklaim telah memiliki jatah 6 kursi dari Dapil Sampang I,II, III dan IV. Dua kursi didapat dari Dapil Sampang IV.

Ketua DPC Partai Keadilan Sosial (PKS) SampangMoh Mahfud juga mengklaim mendapat tiga kursi yang diperoleh dari Dapil Sampang I, IV, dan V.Namun targetnya lima orang. Itu diyakini akan didapat, karena saat ini sedang dapat proses dan ada masalah di penghitungan.

Sekretaris DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sampang Amin Arif Tirtana mengaku partainya meraih tujuh kursi, sama dengan pada pemilu sebelumnya di tahun 2014. Masing-masing dapil terdapat satu wakilnya, kecuali dua kursi dari Dapil Sampang V.

Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Sampang Moh. Yanto sedang menunggu rekap resmi KPU Kabupaten Sampang, namun sesuai C1 dan DA1, diyakini memiliki tiga kader yang akan duduk di parlemen, yakni dari Dapil Sampang I, II, dan IV.

Lalu Pengurus DPC Hanura Kabupaten Sampang Syamsudin memastikan dua kader akan duduk di parlemen Sampang, meski sebelumnya mengklaim merebut empat kursi.

Kemudian Sekretaris Partai Demokrat Sampang Syaifuddin mengucapkan terima kasih kepada semua pendukung dan simpatisan, hingga partainya bisa mengumpulkan suara untuk lima kursi dari Dapil Sampang I hingga V, kecuali Sampang VI.

‎‎Ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Sampang, Moh. Syirah juga optimis meskipun hanya ada satu kadernya atas nama Agus Husnul Yakin yang berhasil merebut satu kursi dari Dapil Sampang IV, yang kebetulan memang menjadi calon petahana.

Menurut Praktisi Hukum dan Politik Kabupaten Sampang, Arman Syahputra, torehan suara yang terjadi pada kontestasi politik lima tahunan Kabupaten Sampang saat ini menunjukkan, sejumlah kader politik di Sampang cenderung masih dikuasai patron tokoh, yang bahkan sampai duduk sebagai tim pemenangan.

“Sehingga jelas siapapun yang menjadi calon tetap, dipengaruhi siapa yang berada di belakangnya, sebut saja kedigdayaan Partai Gerindra lima tahun silam, kini harus berbanding terbalik,” katanya.

Lima tahun lalu, suara Partai NasDem dan Golkar merupakan minoritas. Kini, dua partai itu menjelma jadi momok menakutkan bagi partai yang lain. Itu bukan tapa alasan, karena di posisi Partai Golkar ada sosok kiai kharismatik dan berpengaruh, juga disokong adanya tokoh masyarakat di Kota Sampang yang memiliki basis pendukung cukup besar.

“NasDem merupakan partai minoritas yang mampu mengantarkan kadernya sebagai bupati dan wakil bupati Sampang saat ini, jelas kekuatan itu berpengaruh pada konstalasi politik kali ini,” tambahnya.

Di Sampang, yang menjadi penentu jelas bukan partai pengusung, namun patron tokoh yang cukup kuat, sehingga menjadi magnet pengumpulan suara.

“Maka tidak salah kalau partai di Sampang ini ditumbangkan oleh tokoh,” tandasnya. (awe/waw)

 

PREDIKSI PEROLEHAN KURSI DPRD SAMPANG 2019-2024

Partai DAPIL I DAPIL II DAPIL III DAPIL IV DAPIL V DAPIL VI JUMLAH KURSI
PKB 1 1 1 1 2 1 7
Gerindra   1 1 1 1 1 5
PDI 1     1     2
Golkar 1 1     1 1 4
Nasdem 1 1 1 1   2 6
PKS 1     1 1   3
PPP 1 1 1 1 2 1 7
PAN 1    1      1 3
Hanura     1 1     2
Demokrat 1 1 1 1 1   5
PBB            1 1
JUMLAH 8 6 7 8 8 8 45

 

PEROLEHAN KURSI DPRD SAMPANG 2014-2019

Partai Kursi
 PKB 8
Gerindra 8
 PPP 7
 Demokrat 6
 Hanura 4
 PAN 3
 PDI-P 2
 PKS 2
 NasDem 2
 PBB 1
Total 45

 

 

Komentar

News Feed