oleh

Pasangan Achmad Fauzi-Nyai Eva (Ziva) Daftar ke KPU Didampingi Kiai Sepuh

Kabarmadura.id/SUMENEP-Hari pertama pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Sumenep, Jumat (4/9/2020), pasangan Achmad Fauzi-Nyai Hj Dewi Khalifah (Ziva) resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep didampingi sejumlah kiai sepuh di Sumenep.

Kultur Kota Keris yang memang didominasi nuansa religius, menjadikan pasangan Ziva melibatkan beberapa ulama sepuh dan kalangan santri. Hal itu juga tampak sebelum berangkat mendaftar, tepat di depan Masjid Jami’ Sumenep, gelora salawat bergemuruh mengiringi keberangkatannya menuju Asta Tinggi.

Puluhan santri dan pemuda sudah menunggu dengan memasang banner bergambar pasangan Ziva bertulis jargon Bismillah Melayani di di bagian kiri dan kanan halaman luar KPU. Setelah pasangan Ziva benar-benar tiba di lokasi pendaftaran, gemuruh doa dan salawat kembali ramai.

“Rentetan peristiwa ini, mulai berkumpul di Masjid Jami’ Sumenep dan berangkat ke Asta Tinggi lewat jalur belakang merupakan bentuk pamit ke leluhur Sumenep, kami beristigazah minta restu untuk pasangan Ziva di pilkada tahun ini,” katanya, Jumat (4/9/2020) setelah mendaftar.

Selain minta restu, tujuannya mampir ke Asta Tinggi yang merupakan pembaringan para raja-raja terdahulu, sebagai bentuk kepedulian terhadap sejarah, sehingga baginya menjadi urgen untuk mengenang dan mengambil pelajaran.

Apalagi pasangannya yang biasa dikenal dengan Nyai Eva memang lahir dari keluarga religius yang akrab dan berpegang teguh pada budaya yang dilestarikan masyarakat Sumenep.

“Maka kami memilih hari pertama, kebetulan dengan hari Jumat ini, merupakan waktu yang singkat. Dan kami selalu melestarikan adat yang ada, yaitu belajar pada leluhur, terutama leluhur Sumenep ini, yang kiprahnya sudah luar biasa dalam membangun bangsa,” imbuhnya.

Menariknya lagi, saat mendaftar, pasangan didampingi sejumlah kiai sepuh kharismatik di Kota Keris. Mereka mendoakan sekaligus mengantar sampai ke kantor KPU Sumenep.

Beberapa kiai yang dimaksud, di antaranya KH. Taufiqurrahman FM, KH. Abdul Muqsith Idris, Kiai Syauqi, KH. Syafraji. Selain itu, terlihat pula KH. Ali Fikri, Kiai Moch Rafiq Zaini, Kiai Ahmad Qusyairi Zaini, KH. Abd Shabar, KH Ilyasi Siraj dan sejumlah kiai lainnya.

“Allahuakbar, Fauzi Eva menang di Pilkada Sumenep,” doa KH Taufiqurrahman usai mendaftar dana foto bersama.

Tidak hanya itu, pasukan Zifa terlihat sangat komplet, sebab dalam acara pendaftaran tersebut, juga dihadiri sejumlah relawan, petinggi dan kader partai pengusung, mulai dari PDI Perjuangan, Partai Gerindra, PAN, PKS dan PBB.

Hadir pula pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-P Jawa Timur (Jatim). Bahkan menyampaikan bahwa pasangan calon Ziva merupakan penyatuan dua sosok sikap, yaitu nasionalis dan religius.

Sehingga dua sikap tersebut, menjadi modal besar dalam mewujudkan atau menata Sumenep, yang memang kultur kebudayaan yang ada.

“Coba dilihat baru sekarang, indikatornya Fauzi nasional dan Nyai Eva religius. Maka ini menjadi modal besar untuk menang di pilkada nanti,” ungkap Wakil Ketua Bidang Maritim DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Dekky Purwanto. (ara/waw)

Komentar

News Feed