Pasar Tani Galak, Strategi DKPP Pamekasan Dongkrak Ekonomi Pertanian

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) UNTUK KESEJAHTERAAN: DKPP Pamekasan berupaya dongkrak pemasaran hasil pertanian melalui strategi Pasar Tani Galak.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Untuk mengeksplorasi hasil pertanian dan mendongkrak perekonomian kelompok tani, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pamekasan menggelar Pasar Tani Galak ke-5, Selasa (26/10/2021). Kegiatan pameran sekaligus penjualan hasil pertanian itu, dilaksanakan di Kecamatan Galis, Pamekasan.

Kegiatan yang berlangsung ke-5 kalinya tersebut, untuk mengakomodasi kelompok tani yang tersebar di 13 kecamatan di Pamekasan.

Bacaan Lainnya

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pamekasan Poni Totok Hartono dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Galis turut mengunjungi kegiatan tersebut. Terdapat 13 stan yang disediakan dan dikunjungi ratusan pengunjung.

Di setiap stan sudah tersedia aneka hasil pertanian yang dijual dengan harga yang cukup terjangkau dari pasar-pasar tradisional.

Sebagai pelaksana kegiatan, Kepala DPKP Pamekasan Ajib Abdullah mengatakan, untuk mendorong peningkatan ekonomi di Pamekasan, perlu dilakukan dengan berbagai strategi.  Pasar Tani  Galak diklaim menjadi salah satu strategi tersebut. Sebab, memiliki manfaat bagi para petani dalam memasarkan hasil pertaniannya.

Pasar Tani Galak dilaksanakan yang secara bergantian oleh setiap perwakilan kecamatan. Waktu pelaksanaannya dalam rentang tiga bulan sekali.

“Jadi dari petani langsung kami fasilitasi untuk bisa dibeli secara langsung oleh masyarakat umum. Tapi yang paling utama adalah bisa memasarkan hasil pertanian dan ditawarkan kepada masyarakat. Selain itu, petani dapat mengambil peluang tertentu pada kegiatan ini,” ucap Ajib, Selasa (26/10/2021).

Pada awalnya, Pasar Tani Galak hanya dilaksanakan 3 kecamatan, yaitu Galis, Kadur dan Larangan. Seiring berjalannya waktu, kini sudah menjadi salah satu program unggulan DKPP Pamekasan.

Bahkan, kini, hasil pertanian yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari madu, bawang, cabai, durian, jamur tiram, susu kambing, daging, telur dan kebutuhan pokok lainnya. Selain beragam, harga yang ditawarkan dijamin lebih murah dari pasaran.

“Jadi yang berjualan berasal dari 1 kecamatan di Pamekasan, baik produk olahan maupun produk hasil pertanian. Dengan promosi langsung ini, maka dengan sendirinya kesejahteraan petani akan meningkat,” begitu kata Ajib dengan meyakinkan.

Sedangkan menurut Ketua DWP Pamekasan Poni Totok Hartono, kegiatan Pasar Tani Galak sangat padu dengan keinginan besar Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, yakni mendorong warganya untuk meningkatkan kesejahteraan melalui swasembada pangan.

Pada kegiatan berikutnya, pihaknya berjanji akan mengajak seluruh pengurus DWP untuk mendukung suksesnya Pasar Tani Galak.

“Saya juga berharap kepada dinas terkait untuk lebih meningkatkan produktivitas petani, supaya produk unggulan petani bisa semakin mensejahterakan,”ujarnya.

Sementara itu, Adi Purnomo dari kelompok Tani Al Barokah mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pemkab Pamekasan yang telah bersedia memfasilitasi petani dengan kegiatan tersebut. Sebab, dari pengalamannya, omset yang didapat dalam sehari bisa mencapai Rp4-8 juta.

“Kami para petani sangat bersyukur adanya pasar tani galak ini, karena sangat bermanfaat untuk mempromosikan hasil tani kami,” ucap Adi.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Wawan A. Husna

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *