oleh

Pasca Libur Lebaran, Perekaman e-KTP Membludak

Kabarmadura.id/BANGKALAN-Pasca aktifnya pelayanan perekaman elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Bangkalan membludak. Masyarakat tampak berbondong-bondong membuat e-KTP baru.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Bangkalan Rudiyanto menyatakan, masyarakat yang melakukan perekaman e-KTP baru didominasi oleh para pemudik yang pulang kampung ke Bangkalan.

“Rata-rata yang melakukan perekaman itu warga Bangkalan yang berada di luar kota, mungkin karena sedang pulang lebaran jadi melakukan perekaman,” katanya, Rabu (12/6).

Dia menyampaikan permohonan pelayanan data kependudukan lebih tinggi dari hari-hari biasanya. Tak kurang dari 200 warga yang melakukan permohonan ke Dispendukcapil, untuk melakukan proses perekaman e-KTP dan KSK baru, baik dikarenakan rusak atau perubahan domisili kependudukan.

“Iya setiap hari perekaman e-KTP mencapai kurang lebih 200 orang, sangat dimungkinkan warga Bangkalan yang merantau ke luar daerah membuat e-KTP baru,” tambahnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa proses pelayanan perekaman e-KTP di setiap kecamatan tetap berlangsung. Namun, ketika ditanya ketersediaan blangko e-KTP sangat terbatas.

“Semua daerah ada keterbatasan blangko e-KTP, bisa jadi se Indonesia keterbatasan itu, nah salah satu solusinya kita mengeluarkan surat keterangan (Suket) pengganti e-KTP sementara,” imbuhnya.

Pihaknya berharap agar masyarakat Bangkalan yang belum memiliki e-KTP segera melakukan perekaman, sehingga identitas dari setiap individu dapat diketahui dan terdata dalam kependudukan. (awe/pin)

Komentar

News Feed