oleh

Pasien Covid-19 Tembus 300 Orang, Didominasi Kluster Bangkalan

Kabarmadura.id/Bangkalan-Pertumbuhan pasien Covid-19 di Bangkalan masih tinggi. Berdasarkan tanggal 15 Juli 2019 pasien yang dinyatakan terinfeksi Covid-19 mencapai 300 orang. Kendati demikian, kabar baiknaya, pasien sembuh atau bersih dari Covid-19 juga bertambah. Totalnya ada 109 pasien yang sudah diperbolehkan pulang.

Dari 300 pasien yang terinfeksi, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan Sudiyo mengatakan, kebanyakan didominasi dari kluster Bangkalan. Sebanyak 131 orang tertular atau terinfeksi dari kluster lokal ini.

“Selain itu, terbanyak kedua dari kluster tenaga kesehatan sebanyak 50 orang,” jelasnya, Kamis (16/7/2020).

Lebih lanjut, agar tidak terjadi kemunculan kluster baru dan membludaknya pasien Covid-19, penerapan protokol kesehatan terus digalakkan. Terakhir, pemerintah Kabupaten Bangkalan tengah menggodok penerbitan peraturan bupati (Perbup) mengenai sanksi bagi masyarakat yang mokong.

Humas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bangkalan Agus Zein mengungkapkan, perbup ini ditujukan kepada masyarakat agar tetap displin protokol kesehatan. Mengingat, hingga saat ini, kata dia, belum ada vaksin yang mencegah atau menyembuhkan Covid-19.

“Perbup itu bisa diterapkan sanksi, mulai dari teguran lisan, teguran surat tertulis sampai teguran pencabutan ijin bagi perusahaan atau lembaga yang tidak patuh dan eksekutornya melibatkan TNI Polri dan Satpol PP,” jelasnya.

Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra mengingatkan, agar masyarakat benar-benar memeprcayai bahwa wabah ini benar-benar ada dan bukan hanya konspirasi semata.

Dia menjelaskan, bahkan WHO telah mengeluarkan edaran kalau Covid-19 bisa menular melalui udara. Meski tengah menjadi perbincangan dan perdebatan dikalangan peneliti. AKBP Rama berharap, masyarakat tidak meremehkan wabah ini.

“Kalau dibilang ini konspirasi, buktinya sudah banyak. Banyak masyarakat yang satu keluarga meninggal akibat wabah ini. Bahkan, ada anggota kami yang juga sempat tertular covid-19,” tukasnya.

Diketahui, catatan Dinkes menyebutkan, dari 300 orang pasien yang terinfeksi Covid-19 ada 296 orang yang baru bisa diidentifikasi tertular dari kluster mana saja.

Berikut rincian jumlah kluster dan persentasenya :

  1. Kluster Bangkalan sebanyak 131 orang atau 44 persen
  2. Kluster Nakes sebanyak 50 orang atau 16 persen
  3. Kluster TKHI sebanyak 3 orang atau 1 persen
  4. Kluster Pelayaran sebanyak 39 orang atau 13 persen
  5. Kluster Jakarta sebanyak 9 orang atau 3 persen
  6. Kluster Surabaya sebanyak 49 orang atau 16 persen
  7. Kluster Pasar sebanyak 11 orang atau 3 persen
  8. Kluster Bank sebanyak 4 orang atau 1 persen

(ina/pai)

 

Komentar

News Feed