Pastikan 168 Napi di Sampang Peroleh Remisi

  • Whatsapp
(FOTO: KM/JAMALUDDIN) RUTAN: Sebanyak 168 napi yang tidak memiliki masalah di masa tahanan layak memperoleh remisi.

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Menjelang lebaran Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas II B Kabupaten Sampang, mengajukan 168 narapidana (Napi) ke pusat untuk mendapatkan program remisi atau pengurangan masa tahanan. Remisi tersebut dilaksanakan setahun dua kali. Hal ini diungkapkan Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Klas II B Sampang Syaiful Rahman, Selasa (4/5/2021).

Menurutnya, dua kali remisi dalam setahun yakni remisi 17 Agustus dan hari raya. Remisi khusus peringatan hari kemerdekaan ini diperuntukan kepada umat non islam. Sedangkan remisi hari lebaran, diperuntukkan bagi narapidana beragama islam. “Ada sebanyak 168 napi yang kami ajukan ke pusat untuk memperoleh remisi,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Dia menjelaskan, hingga saat ini pengajuan remisi belum juga mendapat respon dari pusat. Sedangkan untuk rincian remisi, mulai dari 15 hari hingga sebulan dan dua bulan pengurangan waktu masa tahanan. “Remisi tahun ini didominasi oleh tindak pidana umum (pidum), seperti kasus tindak pidana korupsi (tipikor) dan penyalahgunaan narkoba sebanyak 24 orang. Sisanya pidum,” jelasnya.

Pihaknya menegaskan, untuk mendapatkan remisi harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti berperilaku baik dan menjalani aturan maupun tata tertib sebagai warga binaan. Artinya, napi tidak pernah mempunyai pelanggaran selama ada di tahanan. “Surat keputusan remisi akan keluar tiga hari sebelum lebaran. Dan 168 napi itu pasti dapat remisi, karena memang layak,” tukasnya. (mal/ito)

Dua Kali Remisi dalam Setahun

  • Remisi 17 Agustus bagi umat non islam
  • Remisi Hari Raya Idul Fitri bagi umat islam

Rincian  Remisi

  • Setengah bulan
  • Sebulan
  • Hingga dua bulan

Rincian 168 Napi yang akan Memperoleh Remisi

  • 144 napi dengan kasus tindak pidana umum (pidum)
  • 24 napi dengan kasus tindak pidana korupsi (tipikor)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *