Pastikan Jadwal ANBK di Bangkalan Bulan September

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) PERSIAPAN: Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Bangkalan mempersiapkan diri untuk mengikuti asesmen nasional berbasis komputer (ANBK).

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) yang seharusnya dilakukan bulan Januari lalu sempat ditunda. Akhirnya, ANBK bisa dilakukan bulan September ini. Hal ini diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Bidang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PK-PLK) Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Timur (Jatim ) cabang Bangkalan Moh. Fauzi, Senin (7/9/2021).

Menurutnya, saat ini sudah menyiapkan 50 siswa perwakilan seluruh SMA/SMK untuk mengisi ANBK. Bahkan, tengah melakukan gladi bersih kepada 50 pelajar se-Bangkalan. Tujuannya, untuk mematangkan para siswa dalam mengikuti ANBK. “Minggu ke 2 dan 3 bulan ini, sekarang masih tahap gladi bersih. Pelaksanaan SMA tanggal 27 sampai 30 September. SMK tanggal 20-23 September,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Program tersebut, merupakan penilaian mutu pendidikan di setiap jenjang pendidikan. Mulai dari jenjang pendidikan sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) hingga sekolah menengah atas atau sekolah menengah kejuruan (SMA/SMK). Namun, ANBK merupakan penilaian yang tidak menentukan kelulusan siswa.

Dalam pelaksanaannya, akan ada tiga tahapan ujian. Pertama, asesmen kompetensi minimum (AKM) yang terdiri dari numerasi dan literasi. Sedangkan soalnya, berupa Matematika dan Bahasa Indonesia. Aspek kedua, tentang survei karakter (SK) dan aspek terakhir mengenai survei lingkungan hidup.

Dua aspek ini, nantinya tidak hanya guru saja yang mengisi. Namun, tenaga pendidik juga turun ikut berperan. “Semua sekolah SMA/SMK Negeri dan Swasta jumlahnya 50 siswa. Itu termasuk cadangannya. Untuk swasta tergantung jumlah siswanya juga,” jelasnya.

Lebih lanjut Fauzi menuturkan, penentuan jumlah siswa merupakan kewenangan pusat dan bisa diakses melalui website ANBK sekolah masing-masing. Semisal ada sekolah siswa kelas XI 7 orang, berarti hanya tiga siswa yang menjadi peserta. Untuk itu diharapkan, kegiatan ANBK yang akan dilaksanakan sesuai jadwal tersebut berlangsung lancar.

“Semua sekolah SMA, SMK dan SLB bisa melaksanakan semua, hingga ANBK ini mampu menghasilkan potret komprehensif yang berguna bagi sekolah untuk melakukan evaluasi diri dan perencanaan perbaikan mutu pendidikan,” harapnya.

Sementara itu, pelaksanaan ANBK jenjang SD-SMP tidak jauh berbeda dengan SMA/SMK. Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum dan Penilaian SMP Disdik Bangkalan Risman Iriyanto menuturkan, persiapan untuk jenjang SD-SMP masih tahap simulasi. Sebab, pelaksanaannya diprediksi baru dimulai bulan Oktober mendatang.

“Kami siapkan masing-masing sekolah itu 45 siswa kelas VIII. Tapi nanti yang mengisi dari sekolah mana dan siapa saja siswanya yang menentukan pusat,” responnya. (ina/ito)

Kepesertaan ANBK

  • SD/MI/SDLB sederajat
    • Peserta dari kelas 5 maksimal 30 pelajar
  • SMP/MTs/SMPLB sederajat
    • Peserta dari kelas 8 maksimal 45 pelajar
  • SMA/MA/SMA/SLB Sederajat
    • Peserta dari kelas 11 maksimal 45 pelajar
  • SMK/MAK
    • Peserta dari kelas 11 maksimal 45 pelajar
  • Tambahan 5 pelajar cadangan

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *