Pastikan Kenaikan BPJS Tak Pengaruhi PBID

  • Whatsapp
TAK ADA KENAIKAN: Pelaksana tugas (plt) Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan, pastikan tak ada kenaikan untuk iuran PBID.

Kabarmadura.id/Bangkalan-Wacana kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, diklaim tidak akan mempengaruhi pembayaran Penerima Bantuan Iuran Daerah (PBID). Hal itu diyakini, lantaran kenaikan iuran BPJS Kesehatan tidak berlaku untuk kelas III.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan Sudibyo memastikan, bahwa tidak ada kenaikan pada iuran BPJS Kesehatan kelas III atau BPJS BPID. Kenaikan hanya akan terjadi pada iuran kelas I dan II saja.

“Jadi begini, kenaikan hanya terjadi di kelas I dan II. Untuk kelas III tidak ada kenaikan,” paparnya, Senin (16/9).

Pria yang kerap disapa Yoyok ini menjelaskan, kenaikan hanya di kelas I dan II karena untuk kenaikan iuran di kelas III masih belum ada persetujuan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pusat.

“Untuk kelas III ini belum ada persetujuan dari dewan pusat,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk kenaikan iuran BPJS Kesehatan dipastikan akan mencapai 2 kali lipat, jika sebelumnya iuran BPJS Kesehatan kelas I Rp80 ribu perbulan, kini peserta iuran harus membayar sebesar Rp160 ribu. Sedangkan untuk iuran kelas II yang sebesar Rp51 ribu akan menjadi Rp120 ribu perbulan.

“Kenaikannya mencapai 100 persen, sehingga jika sebelumnya harus membayar Rp60 ribu, sekarang harus Rp120 ribu,” terangnya.

Akibat kenaikan iuran BJPS Kesehatan ini, Yoyok mengaku tengah mendapat keluhan dari masyarakat, khusunya peserta iuran di kelas I. Menurutnya, banyak peserta iuran kelas I yang ingin berpindah menjadi peserta iuran kelas II.

“Akibat kenaikan ini, saya sudah mendengar langsung dari masyarakat ada yang ingin berpindah dari kelas I menjadi kelas II,” paparnya.

Untuk Bangkalan sendiri, Yoyok mengungkapkan, peserta iuran BJPS Kesehatan didominasi dari peserta kelas III.

“Di Bangkalan pengguna atau peserta iuran BJPS kelas III ada sekitar 80 sampai 85 persen lah,” pungkasnya. (ina/pin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *