oleh

Pastikan Penuhi 25.844 KPPS

Kabarmadura.id/SAMPANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang terus memproses rekrutmen 25.844 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Mereka bakal ditugaskan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Kabupaten Sampang Syamsul Mu’arif. Menurutnya, peserta KPPS yang terekrut nantinya akan disebar ke seluruh TPS dengan perincian tujuh orang untuk setiap TPS.

“Kita akan rekrut 25.844 orang petugas KPPS pada Pemilu 2019 ini. Mereka siap ditugaskan di seluruh TPS di 14 kecamatan se-Kabupaten Sampang,” katanya.

Dikatakannya, tahap penyerahan berkas atau administrasi calon anggota KPPS dilaksanakan selama sepekan hingga Selasa (12/3) hari ini.

“Waktunya hanya tujuh hari, dan kuota pendaftar sudah terpenuhi, tinggal masuk dalam proses selanjutnya,” tambahnya.

Tak hanya itu, pihaknya memaparkan ada beberapa syarat untuk bisa menjadi anggota KPPS. Pertama, kata dia, bukan anggota atau pengurus partai politik. Kedua, tidak pernah diberi sanksi pemberhentian tetap oleh KPU atau dewan kehormatan selama menjadi penyelenggara Pemilu dan Pemilukada Kabupaten Sampang, serta tidak dalam satu ikatan perkawinan dengan penyelenggara Pemilu.

“Kemudian, tidak menjadi tim sukses peserta Pemilu, tidak pernah dipidana paling lama lima tahun dan tidak pernah menjadi penyelenggara selama dua periode Pemilu dan atau Pemilukada sesuai tingkatannya,” paparnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, secara teknis proses pendaftaran dan seleksi merupakan domain Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang berada di tingkat desa, dengan ketentuan merupakan warga setempat untuk masing-masing TPS, berintegritas, netral tidak berafiliasi dengan partai politik tertentu, dan minimal berijazah SMA, kalau tidak terpenuhi ya paling tidak bisa lancar baca-tulis.

“Perekrutan KPPS merupakan tahapan pemilu yang cukup penting. Itu mengingat peran KPPS yang cukup penting dalam kesuksesan penyelenggaraan pemungutan suara pada 17 April 2019 mendatang,” tandasnya. (awe/nam)

Komentar

News Feed