Pastikan Perusahaan Jalankan Protokol Pencegahan Covid-19, Bupati Sidak PT Tanjung Odi

  • Whatsapp
(FOTO: KM/Razin) SIDAK: Bupati Sumenep A Busyro Karim baru tiba di PT Tanjung Odi.

Kabarmadura.id/SUMENEP-Bupati Sumenep A Busyro Karim beserta jajarannya melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke PT Tanjung Odi atau Gudang Garam Sumenep di Jl Raya Pamekasan Sumenep pada Senin (4/5/2020). Sidak itu dilakukan untuk memastikan perusahaan menjalankan protokol pencegahan Covid-19, sehingga karyawan yang bekerja di dalamnya aman.

Bupati Sumenep A Busyro Karim menyampaikan, dari sekitar 1.936 karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut memang harus dipantau. Karena pemerintah mempunyai tanggungjawab terhadap kesehatan para karyawan terlebih di masa wabah Covid-19.

Bacaan Lainnya

Ia tidak ingin kejadian yang terjadi di Pabrik Rokok Sampoerna Surabaya juga terjadi di Sumenep. Untuk itu, perusahaan harus menjamin keamanan pekerjanya agar tidak tertular Covid-19.

Setelah penyambutan atau pertemuan secara terbatas dengan pihak perusahaan, bupati dua periode itu langsung melakukan kroscek ke bagian produksi, memastikan apakah benar penjelasan yang disampaikan bahwa perusahaan tersebut sudah melakukan pencegahan sesuai dengan protokol kesehatan.

“Kami harus benar-benar tahu terhadap kondisi karyawan yang bekerja. Tadi kami diberi penjelasan tentang upaya pencegahan yang telah dilakukan perusahaan. Setelah itu saya lihat di lapangan apakah benar faktanya demikian,” katanya.

Kiai Busyro menjelaskan, usai PT Tanjung Odi memberi keterangan kepadanya, ia bersama rombongan langsung memantau ruang produksi.

“Apa benar sudah ada jarak dan semacamnya. Yang kita lihat memang sudah ada jarak,” ulasnya.

Menurutnya, sebagian besar proses produksi perusahaan tersebut sudah sesuai protokol atau standar kesehatan pencegahan Covid-19. Akan tetapi memang masih ditemukan hal yang tidak sesuai dengan standar kesehatan yang ditetapkan pemerintah di PT Tanjung Odi.

Namun, saat didesak tentang hal tersebut, politisi senior PKB itu menegaskan, bukan suatu hal yang penting untuk menyampaikan apa saja yang harus dibenahi. Yang terpenting pihak perusahaan sudah siap melakukan perbaikan-perbaikan.

“Sudah masuk tahap penyempurnaan-penyempurnaan, tetapi perlu juga saya sampaikan kelengkapan sudah bagus bahkan lebih canggih dari punya Pemkab. Misalnya seperti tes otomatis, langsung terpampang di layar,” imbuhnya.

Saat melakukan sidak tersebut Bupati A Busyro Karim  didampingi oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Disperindag, Dinas Kesehatan, dan DPMPTSP Sumenep. (ara/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *