Pastikan Ratusan ASN di Sampang Pensiun Tahun Ini

(FOTO: KM/DOKUMEN) MENYUSUT: Jumlah aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sampang akan berkurang tahun ini.

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Jumlah aparatur sipil negara (ASN) yang memasuki batas usia pensiun (BUP) cukup tinggi. Sedikitnya, mencapai 200 abdi negara tahun ini akan pensiun. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang (kabid) Informasi Kepegawaian dan Pengembangan Karier, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sampang Hendro Sugiarto, Senin (26/7/2021).

Menurutnya, jumlah tersebut belum termasuk ASN yang berhalangan tetap dan pensiun dini. Secara umum, jumlah ASN di lingkungan Pemkab Sampang saat ini tercatat 7.240 orang. Rinciannya,  6.824 sebagai pegawai negeri sipil (PNS) dan 416 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).  Jumlah tersebut, masih ideal dengan jumlah masyarakat yang akan dilayani.

“Untuk menyiasati tingginya jumlah ASN yang pensiun itu, pemerintah daerah hanya mengandalkan ASN yang lain untuk melaksanakan dan mengambil alih tugasnya. Disisi lain, juga memanfaatkan kemajuan era teknologi informasi, sehingga pelayanan yang tidak memerlukan tambahan SDM cukup digantikan dengan teknologi yang ada. Sedangkan untuk proses rekrutmen ASN itu, merupakan kewenangan pemerintah pusat,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Hendro menjelaskan, jumlah ASN tidak hanya mengalami pengurangan, melainkan juga ada penambahan melalui proses rekrutmen oleh pemerintah pusat. Pada tahun 2021 ini, rekrutmen CPNS sebanyak 76 dan PPPK 301 orang. Namun, masih proses pendaftaran terakhir tertanggal 26/7/2021. Alhasil, ASN yang pensiun tidak sampai menghambat terhadap proses pelayanan kepada masyarakat.

“Kami terus mewanti-wanti, agar para abdi negara ini bekerja maksimal, selain itu juga mengadakan peningkatan kualitas dan mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi informasi ini,” tukasnya. (sub/ito)

Jumlah ASN dan Rinciannya

  • 824 PNS
  • 416 PPPK
  • Total 7.240 orang
  • 200 ASN memasuki batas usia pensiun (BUP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.