oleh

Pastikan Sengketa Tanah SDN Bancamara II Selesai

Kabarmadura.id/SUMENEP–Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep tidak membiarkan sengketa tanah di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bancamara II Desa Bancamara Pulau Gili Iyang Kecamatan Dungkek berlarut-larut. Sebab, hal itu bisa mengganggu aktivitas kegiatan belajar mengajar(KBM) siswa. Terbukti, Disdik langsung bergerak cepat menyelesaikan persoalan tersebut.

Sengketa tanah SDNBancamara II telah berhasil diselesaikan dengan baik oleh Disdik Sumenep. SDN yang pernah disegel dengan palang bambu oleh pihak yang mengaku sebagai ahli waris atas lahan sekolah itu, telah dibuka segelnya oleh pemerintah setempat pada Rabu (6/3).

Sebagaimana disampaikan sebelumnya, warga yang mengaku sebagai ahli waris, Munahyan mengklaim, ada ketidakjelasan status tanah sekolah tersebut. Menurutnya, tanah itu sejak tahun 1961 sampai tahun 2018 belum ada ganti rugi atau pembayaran hak tanah. Dalam dokumen, tanah itu atas nama Amsil yang merupakan kakek Munahyun. Amsil mempunyai empat orang anak, salah satunya adalah ayah Munahyun.

Akan tetapi, di lain sisi, Disdik membantah klaim Munahyun karena pihak Disdik dapat membuktikan dokumen ganti rugi atas tanah yang ditempati SDN Bancamara II tersebut, sehingga pihak pemerintah bisa membuka segel itu kembali dan aktivitas KBM aktif kembali sebagaimana sediakala.

Kepala Subbag Perencanaan, Keuangan dan Barang Milik Daerah Disdik Sumenep, Edi Prayitno mengungkapkan, Munahyun hanya mengklaim saja tanpa bukti yang jelas.

“Sedangkan kami mempunyai bukti-bukti dokumen kuat tentang tanah itu. Tanah itu sudah ada ganti rugi kepada pemilik lahan,” jelas Edi saat dihubungi Kabar Madura.

Lebih jauh Edi mengumpamakan Munahyun sebagai orang yang tiba-tiba datang ke rumah orang lain lalu secara tiba-tiba menyegel pagar dan mengklaim bahwa rumah itu miliknya, padahal dia tidak memiliki bukti apa-apa dan rumah itu adalah milik orang.

Dalam pembukaan segel SDN Bancamara II itu hadir Kepala Desa Bancamara Moh Alwi, Kepala Sekolah SDN Bancamara II Imam Dainuri, Kepala Seksi Peraturan Daerah Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Taufik, Camat Dungkek Heru Susanto, Bagian Hukum dan Aset Pemkab Sumenep Wathan, Danramil Dungkek Kapten CHB Hunan Yulianto, Kapolsek Dungkek AKP Jaiman, Kasat Sabhara Polres Sumenep AKP Abd Mukit, dan Kabag Ops Polres Sumenep Kompol Abd Mukti. (km44/pai)

Komentar

News Feed