oleh

Pastikan TPS Pilkades di Sumenep per Dusun

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Kepastian pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak (Pilkades) di Kabupaten Sumenep sudah ditentukan. Sesuai keputusan bupati dengan nomor surat 188/135/KEP./135.013/221, pelaksanaan Pilkades Serentak di Sumenep diputuskan pada hari Kamis tanggal 8 Juli 2021.

Sedangkan, jumlah desa yang akan menggelar pesta demokrasi tingkat desa sebanyak 86 desa. Regulasi yang akan diterapkan berbeda dari tahun sebelumnya. Hal tersebut diungkapkan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep Moh. Ramli, Kamis (8/42021).

Menurutnya, regulasi untuk tahun ini  menyangkut pencegahan penyebaran Convid-19. Sehingga, cukup berbeda dengan pelaksanaan sebelum pandemi.  Aturan-aturan baru tentang pelaksanaan pilkades tertuang dalam peraturan bupati (Perbup) Nomor 15/2021 tentang Pilkades. Terutama tentang, ketentuan tempat pemungutan suara (TPS).

“Tahun sebelumnya TPS disatukan di satu tempat. Kalau tahun ini, karena masih Cvid-19 setiap dusun harus ada TPS-nya. Kemudian, jika panitia yang ada hubungan sedarah satu tingkat dengan pendaftar, maka panitia tersebut wajib mengundurkan diri demi menjaga netralitas,” tegasnya.

Selain TPS, perbedaan juga muncul pada regulasi tentang skoring para calon kepala desa (cakades). Hanya saja, pihaknya enggan membeberkan perbedaan pada skoring tersebut. Dengan dalih, perbedaannya tidak begitu signifikan. “Ada perubahan sedikit pada skoring, intinya tidak begitu signifikan,” jelasnya. (km62/ito)

 

Komentar

News Feed