PCC Kewalahan Penuhi Permintaan Oksigen

(FOTO: KM/ZUBAIDI) SERIUS: Petugas PCC Pamekasan melakukan pelayanan terhadap masyarakat di kantornya

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN- Pamekasan Call Care (PCC) dalam sebulan terakhir selain melayani komunikasi intensif dengan warga yang melakukan konsultasi langsung, juga memberikan pelayanan penyediaan oksigen. Seiring kasus Covid-19 di Kabupaten Pamekasan kembali tinggi dan kebutuhan tabung oksigen untuk masyarakat juga ikut tinggi.

Selama sebulan, Staf Pamekasan Call Care (PCC) Mohammad Rofiq mengatakan, belum sebulan ini, lebih dari 200 warga yang minta telpon PCC meminta pelayanan oksigen. Pilihan penelepon adalah, meminta untuk dipinjamkan tabung oksigen.

“Setelah kami terima laporan langsung kita tindak lanjuti. Namun, tidak semua yang meminta pinjaman tabung dapat kami layani langsung, karena tabung oksigen juga sebagian besar didistribusikan ke puskesmas,” terang Mohammad Rofiq, Selasa (27/7/2021).

Bacaan Lainnya

PCC sendiri, urai Rofiq saat ini hanya memiliki 20 tabung oksigen untuk dipinjamkan terhadap warga yang membutuhkan. Pelayanan pinjaman dilakukan jika warga yang bersangkutan sudah mendapatkan rekomendasi dari puskesmas untuk melakukan isolasi mandiri.

Namun, urai Rofiq, seringkali kejadian peminjaman tabung oksigen adalah warga yang membutuhkan secepatnya dan masih belum pernah datang ke fasilitas kesehatan.

Terhadap terbatasnya sarana yang dimiliki, PCC juga melakukan kerjasama dengan beberapa pihak penyedia oksigen. Supaya masyarakat yang membutuhkan oksigen tetap terpenuhi.

“Jika stok disini sudah habis kami arahkan ke Cahaya ummat dan penyedia tabung oksigen lainnya,” tambahnya.

Selain mengarahkan terhadap penyediaan tabung oksigen lainnya, Ia juga menyarankan masyarakat untuk langsung melakukan pemeriksaan terhadap tempat kesehatan terdekat, seperti puskesmas. Karena, disana telah disediakan tabung oksigen dan juga perawat untuk memeriksa kesehatan dari masyarakat.

“Sehingga masyarakat ini tidak kebingungan mencari tabung oksigen, karena di puskesmas ini sudah disediakan,” sambungnya.

Rofiq juga mengungkap, untuk saat ini stok tabung oksigen di PCC sedang habis. Sehingga ia meminta kepada masyarakat untuk langsung datang ke puskesmas agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Setiap puskesmas sudah kami fasilitasi tabung oksigen. Jika habis langsung kita lakukan pengisian,” pungkasnya. (bai/bri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.