PDAM Sumenep Tidak Dibebani Target PAD

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) NIHIL: PDAM Sumenep sampai saat ini tidak dibebani target PAD.

KABARMADURA.ID, SUMENEP – Secara administrasi layanan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Sumenep amat terbatas. Kendati sudah puluhan tahun berdiri, namun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ini tidak dibebani target pendapatan asli daerah (PAD).

Direktur PDAM Sumenep Febmi Noerdiansyah menyampaikan, jangkauan layanan kepada pelanggan masih terbatas. Perluasan jangkauan sulit dilakukan karena selain ditaksir membutuhkan biaya tinggi, anggaran perawatan untuk sarana juga besar.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, perusahaan yang dipimpinnya saat ini belum dibebani PAD. Hal itu mengingat layanan yang tersedia belum mencapai 80 persen dari cakupan wilayah administratif.

”Tidak ada target PAD untuk kami. Tapi sebagai perusahaan kami harus menunjukkan kontribusi kepada daerah sebagai salah satu indikator kinerja,” jelasnya.

Dikatakan Febmi, meski PDAM tidak ditarget PAD, namun untuk semua pelayanan tetap berjalan maksimal.
Ditambahkannya, sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan di PDAM, pihaknya akan melakukan pengajuan penyertaan modal kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep. Namun saat ini masih proses pengkajian kebutuhan dan produk atau hasil ketika ada penambahan modal nanti.

“Saat ini kelengkapan administrasi masih berputar di angka 38 persenan ini, mungkin nanti bisa ada target PAD jika pendapatan sudah stabil,” imbuhnya.

Termasuk yang menjadi kendala dalam memaksimalkan layanan, adanya armada pengangkut air atau mobil tangki yang sudah tua, dan hanya bisa menjangkau daerah seputar kota saja. (ara/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *