PDAM Trunojoyo Sampang Tutup 50 Saluran Air Pelanggan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/JAMALUDDIN) DISEGEL: Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Trunojoyo Sampang mulai memberikan sanksi terhadap pelanggan yang mengabaikan pembayaran tunggakan.

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Puluhan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Trunojoyo Kabupaten Sampang, area perkotaan terpaksa dilakukan penyegelan saluran. Sebab, mengabaikan pembayaran tagihan tunggakan. Hal ini diungkapkan Plt Manager Pelayanan Kepelangganan PDAM Sampang Zainal Arifin, Rabu (7/7/2021).

Menurutnya, terdapat 368 pelanggan air minum area perkotaan yang mempunyai tunggakan hingga diatas 50 bulan. Puluhan pelanggan, tidak mau melakukan pembayaran dengan berbagai alasan. Meski, sebelumnya sudah bekerjasama dengan aparat penegak hukum (APH) untuk melakukan penagihan, belum membuahkan hasil.

Sehingga, terpaksa melakukan penyegelan air terhadap 50 saluran pelanggan. Penyegelan tersebut akan dibuka kembali, apabila tunggakan dilunasi. Langkah tersebut dilakukan, sebagai efek jera bagi pelanggan yang mengabaikan tunggakan pembayaran penyaluran air bersih. Sehingga, ke depan pelanggan tidak main-main dengan kedisiplinan dalam pembayaran bulanan pelayanan air bersih.

“Sebelum ditutup, kami sudah wanti-wanti melakukan penagihan ke yang bersangkutan, bahkan pembayaran untuk melunasi bisa dilakukan dengan cara mencicil, cuma karena mangkal, terpaksa diberi sanksi dengan menyegel saluran airnya,” ujarnya.

Pihaknya menegaskan, penyegelan saluran air hanya bagi pelanggan yang mempunyai tunggakan diatas 50 bulan. Dari data tiga ratusan pelanggan, sekitar 100 pelanggan sudah melakukan pembayaran meski dengan sistem mencicil. “Kalau dari 368 pelanggan, anggaran tunggakan sekitar Rp4 miliar, tetapi mengurang, karena ada yang membayar meski dengan cara mencicil,” tegasnya.

Kendati demikian, tunggakan dari masing-masing pelanggan tidak sama. Akan tetapi bervariatif, mulai dari Rp6 juta, Rp3 juta dan minimal Rp2,5 juta. Sedangkan, iuran setiap bulan tergantung dari pemakaian. Hanya saja, untuk standarnya dari nol sampai 10 gibik iuran yang harus dibayar ke PDAM sebesar Rp35.500 per bulan.

“Tarif tergantung pemakaian, kalau diatas 10 gibik lebih dari Rp35.500. Karena, ada pemakaian yang tidak teratur. Seperti, meski tampungannya penuh keran tidak dimatikan,” tukasnya.  (mal/ito)

Jumlah Pelanggan Daerah Kota

  • 368 pelanggan
  • 100 pelanggan mulai membayar tunggakan
  • 50 pelanggan ngotot tidak membayar tunggakan

Langkah PDAM Trunojoyo Sampang

  • Mendatangi para pelanggan untuk menagih tunggakan
  • Bernegosiasi agar pelanggan membayar
  • Menutup saluran air bagi pelanggan yang mengabaikan pembayaran tunggakan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *