oleh

Peduli Sastra, Kabar Madura Gelar Bedah Buku Puisi

Kabarmadura.id/Sumenep-Harian Pagi Kabar Madura menyelenggarakan bedah buku kumpulan puisi “Perempuan Kecil Pembawa Besi” yang diselenggarakan Minggu (26/7/2020). Penulis buku, Ibnu Hajar hadir langsung membedah bukunya di Kantor Kabar Madura Biro Sumenep bersama Fathor Rahman, Kabiro Kabar Madura sebagai pembahas.

Kabiro Kabar Madura Sumenep, Fathor Rahman menyampaikan, Harian Pagi Kabar Madura tidak hanya sebagai Koran berita, namun juga peduli terhadap sastra. Hal itu dibuktikan dengan adanya rubrik sastra dan budaya yang intens disajikan oleh Harian Pagi Kabar Madura. Hal itu salah satunya sebagai wadah bagi pegiat sastra dan budaya, khususnya di Madura.

Terhadap kumpulan puisi Ibnu Hajar, menurutnya karyanya tidak hanya menyajikan tema cinta, tapi juga ada unsur peristiwa seperti berita. Mungkin, hal itu dipengaruhi oleh latar belakang Ibnu Hajar sebagai jurnalis.

“Di sisi lain, kami ada kegagapan bahasa dalam puisi-puisinya, yakni terkesan ada bahasa yang dipaksakan, terutama dalam hal tema-tema cinta,” tutur Ong, sapaan akrab Fathor Rahman.

Kalau dirunut perjalan kepenyairan sosok Ibnu Hajar, dalam buku yang baru ini, Ong melihat ada perubahan gaya pengucapan personal dari seorang ibnu. Namun, tetap saja gaya khas tulisannya tetap tersirat kuat.

“Misalnya, kalau dulu liar, sekarang romantis seperti kata pengantar yang disampaikan pengantar, Joni Ardianata di dalam buku ini,” tuturnya.

Sementara itu, Ibnu Hajar menjelaskan, ada evolusi bahasa yang ia bangun sehingga antara imajinasi dan emperik terbait dalam puisi-pusi yang ia tulis dalam bukunya kali ini.Walaupun tidak secara gamblang memunculkan simbol Madura, tetapi Ibnu masih tetap menyajikan nuansa kamaduraan dalam tulisan-tulisan puisinya, termasuk dalam Perempuan Kecil Pembawa Besi.

“Nuasa kemaduraan tetap saya sajikan, namun tidak secara langsung saya sajikan,” ujar Ibnu yang di tahun 2003 lalu pernah dijuluki Khairil Anwar-nya Madura oleh masyarakat sastra di Madura. (imd/ong)

Komentar

News Feed