Pelabuhan Talango Sumenep Tidak Kunjung Difungsikan, DPRD: Nanti Rusak sebelum Dipakai

News156 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Perhubungan (Perkimhub) Sumenep mengklaim semua pembangunan Pelabuhan Talango sudah rampung. Namun, hingga saat ini belum difungsikan. 

Sekretaris Komisi III DPRD Sumenep M Ramzi menyoroti keberadaan Pelabuhan Talango yang tidak kunjung beroperasi. Padahal, pelabuhan itu dibangun untuk mengurai kemacetan penyeberangan Talango-Kalianget dan sebaliknya. 

“Kami hanya kasihan saja, ketika ada masyarakat yang mau hendak ke Talango atau sebaliknya itu sering mengeluhkan kemacetan. Padahal untuk pelabuhan dari sisi Talango sudah selesai, kenapa belum difungsikan?,” tegas Ramzi, Rabu (26/7/2023). 

Baca Juga:  Mauricio Kebut Latihan Skuad Madura United FC Jelang Tandang ke PSIS Semarang

Sehingga, dia meminta supaya dinas terkait harus segera mengambil langkah untuk mengoperasikan pelabuhan yang menghabiskan dana sekitar Rp1,2 miliar dari tahun anggaran 2022 itu. Semestinya, menurut Ramzi, Pelabuhan Talango sudah bisa dinikmati oleh masyarakat. 

“Jika ada persoalan segera atasi. Kalau hingga lewat tengah tahun ini tidak berfungsi, kan sayang. Nanti rusak sebelum dipakai, makanya segera fungsikan,” imbuh politisi Partai Hanura tersebut. 

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Prasarana dan Keselamatan, Disperkimhub Sumenep  Dadang Dedy Iskandar mengaku, pihaknya menemui koordinasi yang alot dengan seluruh elemen masyarakat sekitar terkait pengoperasian Pelabuhan Talango.

Baca Juga:  Gelar Manasik Haji, Kepala Kemenag Pamekasan Ungkap Jemaah Lansia Bisa dengan Pendamping

“Kalau pelabuhannya sudah selesai. Kami upayakan segera difungsikan dalam waktu dekat ini,” tuturnya. 

Sekadar diketahui, pembangunan Pelabuhan Talango sudah dilaksanakan pada tahun 2022 dengan pagu anggaran Rp1,2 miliar. 

Pewarta: Moh Razin 

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *