Pelaksanaan Karapan Sapi di Bangkalan Terganjal PPKM

  • Whatsapp
KM/FA'IN NADOFATUL M. MERIAH: Pagelaran karapan sapi belum bisa ditentukan jadwal pelaksanaannya tahun ini, akibat kondisi pandemi Covid-19 belum berakhir.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Hingga saat ini, belum ada kepastian mengenai pelaksanaan karapan sapi di Pulau Madura. Sebab, Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) IV Pamekasan belum melakukan pembahasan mengenai kegiatan tersebut. Akibatnya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bangkalan belum bisa menentukan kepastian pagelaran karapan sapi.

Apalagi, belum ada ketentuan mengenai kelanjutan atau perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4. Sehingga, disarankan bagi semua penggemar karapan sapi untuk bersabar menunggu kepastian pelaksanaannya. “Edaran terakhir dari Bakorwil belum bisa dilaksanakan bulan ini. Kami masih melihat situasi dulu  apakah PPKM ini lanjut atau berakhir,” ujar Kepala Disbudpar Bangkalan Mohammad Hasan Faisol, Senin (23/8/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, jika bulan depan tidak ada lonjakan Covid-19 dan pemberlakukan PPKM Level 4 dicabut, kemungkinan karapan sapi bisa terlaksana. Namun, jika masih diperpanjang tidak bisa menjanjikan kapan pelaksanaan event besar tersebut. Sebab, biasanya mulai bulan Agustus sudah ada pelaksanaan seleksi di masing-masing kecamatan untuk membawa nama Bangkalan saat final.

“Sabar dulu, tetap semangat dan tetap latihan. Mudah-mudahan nanti bisa latihan bersama. Mereka sebenarnya sudah sangat menanti dan berharap bisa dilaksanakan tahun ini,” jelasnya mewakili tim-tim karapan sapi di Bangkalan.

Bahkan lanjut Faisol, para tim karapan sapi sudah siap melaksanakan kegiatan tersebut tanpa penonton seperti tahun 2020 lalu. Demi keberlangsungan event tersebut, dia juga siap memfasilitasi vaksinasi kepada semua panitia dan peserta dan menerapkan protokol kesehatan (protkes) secara ketat.

“Mereka sebenarnya sudah siap semua kok. Jika bisa dilaksanakan, mereka sudah siap divaksin juga. Sejauh ini, kami juga sudah melakukan persiapan. Sehingga, ketika ada perintah dari bupati dan Bakorwil kami akan segera agendakan,” paparnya,

Meski persiapan sudah matang, pihaknya juga tidak bisa memaksakan kegiatan itu tanpa izin dari pimpinan Bangkalan. Sebab, keadaan di Bangkalan belum sepenuhnya pulih dari kasus aktif Covid-19 dan PPKM Level 4. Pihaknya berharap, PPKM Level 4 tidak diperpanjang dan siap melaksanakan tanpa penonton.

“Kemungkinan, jika nanti bisa terlaksana akan dimulai bulan September hingga November. Sesuai kesepakatan tahun depan, event tahun ini sebagai tuan rumahnya di Kabupaten Sampang,” tukasnya. (ina/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *