Pelaksanaan Kegiatan Penyelaman Rp181 Juta di Disparbudpora Belum Terjadwal

(FOTO: KM/MOH RAZIN) PEMANDANGAN: Kegiatan penyelaman untuk kepulauan di Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) masih terkendala di bagian instruktur selam.

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Program penyelaman untuk kepulauan di Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep belum terealisasikan. Kegiatan untuk melihat keindahan alam dasar laut itu masih terkendala di bagian instruktur selam. Kamis (2/12/2021).

Berdasarkan catatan di Disparbudpora anggaran program penyelaman untuk kepulauan sebesar Rp181 juta. Anggaran tersebut baru disahkan pada perubahan anggaran keuangan (PAK) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disparbudpora Sumenep Syaifuddin Anshari mengatakan, anggaran untuk penyelaman di kepulauan masih belum terjadwal. Pelaksanaan kegiatan itu masih kesulitan mencari instruktur selam.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Ipud, sapaan akrab Syaifuddin Anshari , meski calon instruktur selam sudah ada namun masih butuh persiapan yang matang. Menurutnya, instruktur selam harus memiliki sertifikat sebagai penyelam profesional.

“Kami sudah mengajukan, instrukturnya dari Surabaya, tapi belum final karena dikoordinasikan terlebih dahulu,” kata Ipud, Kamis (2/12/2021).

Ipud paparkan, penyelaman akan dilaksanakan di Kepulauan Sapeken, tujuannya untuk mengetahui keindahan terumbu karang. Kegiatan itu juga sebagai wahana untuk mengevaluasi terhadap keberadaan karang di kabupaten yang dijuluki sebagai surga tersembunyi di ujung Timur Madura ini.

“Jadi itu sudah dirancang termasuk instrukturnya, tinggal nanti akan disepakati atau bagaimana,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi IV DPRD Sumenep Siti Hosna mengatakan, ketika pengajuan anggaran sudah ditetapkan, maka pihak dinas harus melaksanakan dengan serius. Jangan sampai dalam pelaksanaannya terkesan formalitas saja.

“Jika memang sesuai dengan kebutuhan pasti kami bantu perjuangkan, apalagi untuk kepentingan Sumenep, tetapi itu harus benar-benar dimaksimalkan,” papar dia.

Reporter: Moh Razin

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

Tinggalkan Balasan