Pelaksanaan PAW Kades Karamian Kecamatan Masalembu Sumenep Terganjal Sistem Penganggaran

News124 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP – Beberapa desa di Sumenep belum melaksanakan pergantian antar waktu (PAW) kepala desa (kades). Salah satunya, Desa Karamean Kecamatan Masalembu. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep Anwar Syahroni, Minggu (29/10/2023). 

Dia mengaku, sudah aktif berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait. Termasuk, mulai merencanakan persiapan beberapa tahapan yang akan digelar. Secara umum, belum tergelarnya PAW lantaran pelaksanaannya menggunakan dana desa (DD). Sehingga harus dianggarkan dalam perencanaan desa. 

“Masalahnya, ploting anggaran sudah rampung di rencana anggaran pendapatan dan belanja desa (RAPBDes). Kebijakan ini murni otoritas pemerintah desa, termasuk pelaksanaan seluruh tahapannya,” ujarnya kepada Kabar Madura. 

Menurutnya, sebagai upaya percepatan pelaksanaan PAW, sudah mendesak pemerintah kecamatan agar segera mempersiapkan tahapannya. Hanya saja, pelaksanaannya masih terganjal sistem penganggaran. Sedangkan peran instansinya, hanya sebatas koordinasi.  

“Kades Karamian meninggal awal tahun 2023 kemarin,” ucapnya.  

Sekedar diketahui, pelaksanaan PAW berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 65  berbunyi, Bagi Kades yang Sisa Jabatannya Lebih dari Setahun maka Harus Menyelenggarakan PAW. Selain itu, Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 83 tahun 2019 dengan bunyi, Pemilih hanya Perwakilan dari Setiap Dusun dan Melaksanakan Musyawarah Tingkat Desa (Musdes).

Pewarta: Moh Razin

Baca Juga:  Masyarakat Sumenep Menunggak Pajak 10 Tahun, DPMD: Adukan ke Pemdes!

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *