Pelaksanaan Peringatan Maulid di Pemkab Sumenep Tetap Ketat Prokes

  • Whatsapp
(FOTO: HUMAS PEMKAB FOR KM) MERIAH: Pelaksanaan peringatan Maulid Nabi SAW dijadikan sarana untuk meneladani akhlak Rasulullah.

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Sumenep menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan itu sebagai  sarana untuk meneladani akhlak Rasulullah.

Seperti biasa, serangkaian acara diiisi pembacaan barzanji berupa pujian terhadap Nabi akhir zaman, doa-doa dan penceritaan riwayat atau sejarah kenabian yang dilafalkan dengan suatu irama atau nada.

Bacaan Lainnya

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) Setkab Sumenep Kamiluddin menjelaskan, selain sebagai upaya meneladani sikap dan sifat nabi, pelaksanaan peringatan maulid itu juga diharapkan menjadi penambah keimanan dan ketaqwaan kepada Sang Pencipta alam.

“Harapan kami dalam momen tahunan ini, ada  nilai-nilai yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan, terutama tentang akhlak sebagaimana tujuan baginda Nabi diutus,” kata Kamil, Rabu (20/10/2021).

Tentunya, pelaksanaanya tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Dikatakan Kamil, tahun ini kembali menggunakan konsep tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) sesuai anjuran pemerintah.

Kegiatan membatasi kehadiran masyarakat, sehingga yang hadir hanya orang-orang tertentu dengan prokes yang ketat, karena masih dalam suasana wabah Covid-19. Sehingga targetnya adalah pelaksanaan doa bersama, agar wabah ini segera berlalu.

“Yang hadir tetap dibatasi, prokes kita perketat, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan akan kita lakukan demi keamanan dan kenyamanan bersama,” tandasnya.

Kendati sukses digelar, harapan besar pada tahun-tahun selanjutnya pelaksanaan peringatan kembali pada dua tahun sebelumnya, yakni dilaksanakan dengan semarak bersama ribuan masyarakat di ujung timur Pulau Madura ini.

Reporter: Moh Razin

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *