oleh

Pelaksanaan Pilkades Serentak di Sampang Terancam Molor

KABARMADURA.ID, Sampang  – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak terancam diundur. Hal Itu setelah adanya aturan penundaan pelaksanaan pemilihan serentak dari pemerintah pusat.  Padahal, Pilkades serentak dijadwalkan akan digelar awal tahun 2021. Namun, kondisi tersebut disinyalir akan kembali molor sampai ada kebijakan baru.

Sekretaris Komisi I DPRD Sampang berharap adanya penundaan itu berdampak positif. Sebab Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) punya waktu lebih banyak membenahi regulasi.

“Manfaatkan penundaan ini untuk menyusun regulasi yang jauh lebih baik. Sehingga mampu meminimalisir konflik di desa penyelenggara pilkades serentak.

Dia menyebut Peraturan Bupati (Perbup) Pilkades Nomor 31 tahun 2019 tentang Pedoman Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan, dan Pemberhentian Kepala Desa perlu banyak revisi. Sehingga, semua item yang dinilai menuai konflik harus diperbaiki. Seperti pengaturan skoring kepada pendaftar calon kepala desa.

“Tidak boleh aturan skoring itu menguntungkan pihak manapun. Sebab hal tersebut menjadi pemicu konflik. Apalagi panitia pilkades melakukan kecurangan dengan berlindung pada kelemahan aturan,” kata Aulia Rahman.

Dia mengatakan, DPMD sudah mengantongi hasil evaluasi Perbup Pilkades nomor 31 tahun 2019. Sehingga, tidak ada lagi kekacauan akibat masalah yang sama. “Dengan waktu yang masih panjang ini, semestinya sudah melahirkan regulasi yang lebih baik,” imbuhnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPMD Sampang Suhanto saat berusaha ditemui di meja kerjanya tidak berhasil. Bahkan berusaha dikonfirmasi melalui nomor ponselnya tidak ada tanggapan. (KM54/mam)

 

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed