oleh

Pelaksanaan Pilkades Serentak Ditetapkan 8 Juli

KABARMADURA.ID, SUMENEP –Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2021 di Sumenep sudah final. Jadwl dan tahapan pelaksanaan pemungutan suara dan prosesnya telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sumenep Moh Ramli menyampaikan, pelaksanaan waktu pemungutan suara akan digelar pada 8 Juli 2021 mendatang. Sementara tahapan-tahapan sudah mulai direkomendasikan.

“Tanggal 7 April semua desa yang melaksanakan pilkades sudah harus selesai membentuk panitia. Yang dipasrahkan ke Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk tingkat desa,” kata Ramli.

Dia melanjutkan, pilkades serentak tahun ini akan diselenggarakan di 86 desa yang tersebar di 27 Kecamatan. Tahapan dan hari pemungutan suara telah ditetapkan oleh melalui keputusan Bupati Sumenep.

Menurut mantan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) itu tahapan pelaksanaan dibagi menjadi 3 tahap. Meliputi, tahap persiapan, tahap pencalonan, dan tahap pemungutan suara. Saat ini, tahapan pertama tengah berlangsung dan beberapa poin telah berjalan sesuai harapan.

”Seperti diketahui bersama sosialisasi kepada BPD dan Pj kades sudah dilaksanakan agar mereka juga segara mulai bersiap,” imbuhnya.

Mekanisme yang akan mengalir, panitia tingkat paling tinggi serta menengah yakni kabupaten dan tingkat kecamatan langsung ditetapkan oleh keputusan bupati. Selanjutnya itu, BPD harus membentuk panitia pemilihan melalui forum rapat bersama perangkat desa, tokoh masyarakat, dan pihak terlibat lainnya.

Teknisnya, tempat pemungutan suara (TPS) tidak akan disebar di masing-masing dusun. Maka, panitia pemilihan diharuskan membentuk kelompok panitia pemungutan suara (KPPS).

”Maksimal 500 per-TPS, artinya satu dusun bis saja lebih dari 1 TPS,” pungkasnya. (ara/mam)

Komentar

News Feed