Pelantikan 111 Kades Terpilih Berjalan Lancar

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) LANCAR: Bupati melantik kepala desa terpilih secara virtual

KABARMADURA.ID, BANGKALAN– Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron melantik sebanyak 111 kepala desa terpilih pada proses pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) tahun 2021. Pelantikan yang dilaksanakan secara virtual tersebut  dilaksanakan di Pendopo Agung Bangkalan pada, Rabu (28/7/2021).

Meski dilaksanakan secara virtual, terdapat beberapa perwakilan kepala desa terpilih yang dihadirkan ke Pendopo, meski hanya perwakilan dari kecamatan. Proses pelantikan yang dilaksanakan sederhana, berlangsung khidmat dan berjalan sukses dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Bacaan Lainnya

Tidak ada pesta dalam pelantikan tersebut. Bagi yang dilantik di Pendopo Agung, mereka hadir sendirian tanpa ditemani rombongan dan bahkan keluarga mereka.

Bupati Bangkalan yang kerap disapa Ra Latif mengatakan, setelah dilantiknya kepala desa terpilih, dia mengajak segenap warga masyarakat desa Bangkalan untuk mendukung dan membantu kepala desa dalam melaksanakan tugasnya.

“Marilah bahu membahu dalam menggali potensi yang ada untuk membangun desa, lupakan perbedaan yang mungkin muncul selama proses pemilihan kepala desa kemarin. Hal ini demi menyongsong masa depan lebih gemilang,” ajaknya usai melakukan pelantikan.

Kepada Kades terpilih, Ra Latif, berpesan agar bisa merangkul semua pihak dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada warga tanpa pandang bulu. Sebab, tidak ada lagi pendukung dan bukan pendukung. Katanya, semua warga sudah menjadi tanggung jawab mereka.

“Sebagai seorang pemimpin hendaknya menerima kritik dan saran dari masyarakat serta melaksanakan tugas yang telah diberikan dan diamanahkan dengan segenap kemampuan yang ada,” pesannya kepada Kades terpilih.

Lebih lanjut, dia meminta, kades terpilih ini untuk segera mempelajari dan memahami tugas, kewajiban dan wewenangnya sebagai Kepala Desa. Komunikasi dan koordinasi yang baik dengan seluruh pengurus kelembagaan yang ada di desa. Terutama dengan Badan Pengawas Desa (BPD) serta mitra pemerintah desa, seraya berhati-hati agar tidak terjerat hukum karena menyalahgunakan dana desa (DD).

“Setelah pelantikan ini, kades segera membenahi sumber daya aparatur, sumber pendapatan desa dan penerapan manajemen yang baik demi terealisasinya pemerintahan desa yang baik, mandiri, maju dan tidak ketinggalan dengan desa-desa lain,” pesannya kepada kades yang dilantik.

Agar kemajuan di desa berkembang, dia berharap, sesama kepala desa, satu sama lain senantiasa berkompetisi dalam mempercepat kemajuan dan keberhasilan pembangunan di desanya masing-masing. Baik itu antar desa dalam satu kecamatan, maupun dengan kecamatan lainnya di Bangkalan.

“Jadikan desa masing-masing minimal memiliki satu keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif yang bisa dibanggakan,” tuturnya.

Ra Latif berpesan kepada Kades yang telah dilantik, agar rajin turun ke lapangan, memastikan semua program dan kegiatan tepat sasaran.

“Semakin baik pelayanan, maka kepercayaan masyarakat juga akan meningkat,” tegas bupati muda tersebut, sambil menekankan agar para kades jangan pernah lelah untuk mensosialisasikan masyarakat pentingnya menerapkan protokol kesehatan (Protkes).

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada kepala desa yang sudah mengabdi sebelumnya dan kades yang terpilih selamat datang dan selamat dilantik. Mari sama-sama bangun Bangkalan menjadi lebih baik dari sebelumnya,” pungkasnya. (ina/bri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *