Pelantikan Kades Tunggu Keputusan Bupati

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/Pamekasan-Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 91 desa di Pamekasan, usai digelar. Bahkan, pengajuan Surat Keputusan (SK) kepala desa (kades) terpilih, agar kemudian segera dilakukan pelantikan, sudah diajukan oleh masing-masing Badan Pengawas Desa (BPD).

Namun demikian, hingga kini belum ada kepastian waktu pelantikan terhadap seluruh kades terpilih. Hal itu disebabkan, Bupati Pamekasan Badrut Tamam selaku pemegang kebijakan tertinggi di kabupaten, masih belum memberikan keputusan, lantaran masih mengikuti kegiatan kedinasan ke luar kota selama 2 bulan ke depan.

Kepala Bidang (kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Pamekasan Muttaqin menyampaikan, untuk peninjau penerbitan SK terkait terpilihnya 91 kades tersebut sudah ada di bagian hukum Sekretariat Kabupaten Pamekasan.

“Berkas semuanya sudah lengkap, laporan dari staf saya sudah dibawa ke bagian hukum untuk diverifikasi,” ungkapnya, Kamis (3/10)

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, PMD tidak bisa memastikan tanggal berapa pelantikan kades terpilih akan dilaksanakan, sebab kebijakan terkait penentuan waktu pelantikan mutlak menjadi kewenangan Bupati Pamekasan.

“Pelntikannya belum ada kepastian, terkait kesiapan pak bupati, kebetulan beliaunya masih ikut kegiatan di Lemhanas,”  paparnya.

Untuk diketahui, dari 13 kecamatan yang sudah ditetapkan kades terpilih meliputi Kecamatan Pademawu ada 12 kades, Kecamatan Galis  ada 6 kades, Kecamatan Larangan ada 7 kades, Kecamatan Kadur ada 5 kades, Kecamatan Pakong ada 8 kades, Kecamatan Waru ada 3 kades, Kecamatan Pasean ada 4 kades, Kecamatan Batu Marmar ada 6 kades, Kecamatan Palengaan 5 kades, Kecamatan Pegantenan ada 7 kades, Kecamatan Proppo 13 kades, Kecamatan Tlanakan ada 11 kades, dan Kecamatan Pamekasan ada 4 kades. (rul/pin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *