Pelantikan Kepala Desa Terpilih Tunggu SK Bupati

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Kepala Desa terpilih dari 91 desa yang melakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2019 11 September lalu saat ini sedang menunggu pelantikan. Pelantikan diproyeksikan akan dilakukan pada bulan Oktober mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masayarakat dan Desa (PMD) Pamekasan Muttaqin menyampaikan, untuk data dari Badan Pengawas Desa (BPD) sudah disetorkan kepada PMD Pamekasan. Namun, masih ada yang belum mengusulkan SK dari BPD melalui kecamatan.

“Jadi kita nunggu perampungan SK dulu dari beberapa desa,” ungkapnya.

Berdasar aturan yang telah berlaku, untuk pelantikan para kades terpilih itu ambang batasnya 30 dari pengusulan SKnya dari BPD yang melalui setiap kecamatan yang tersebar.

“SK itu maksimal 30 hari dari usulan BPD kepada bupati melalu camat,” paparnya.

Untuk fase berikutnya, setelah SK diterbitkan maka pemkab punya waktu 30 hari untuk melakukan pelantikan sehingga pihaknya memiliki waktu untuk menyediakan setiap segala teknisnya. Namun dia tidak akan menungu lama jika beberapa administrasi sudah dinyatakan lengkap, maka akan segera dilakukan pelantikan.

“Jika sudah lengkap kita upayakan tidak akan menunggu lama-lama,” ungkapnya.

Muttaqqin juga menjelaskan, yang mengeluarkan surat keputusan tersebut adalah Pemkab Pamekasan. Keputusan akhir dari pelantikan untuk 91 desa itu berada di Bupati Pamekasan Baddrut Tamam. (rul/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *