Pelayanan Keswan di Bangkalan Terganjal Ketersediaan Dokter

(KM/FATHURROHMAN) TERBATAS: Jumlah dokter hewan di Bangkalan belum mampu memberikan pelayanan kesehatan hewan (Keswan) di 18 kecamatan.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Pelayanan kesehatan hewan (keswan) ternak belum optimal. Sebab ketersediaan dokter hewan terbatas. Yakni, hanya ada enam dokter hewan di lapangan. Jumlah tersebut masih jauh dari kata ideal. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan Dinas Peternakan (Disnak) Bangkalan Ali Makki, Senin (7/3/2022).

Menurutnya, dari enam dokter hewan hanya ada satu dokter yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Sedangkan sisanya, lima dokter hewan masih berstatus tenaga harian lepas (THL) dari pemerintah pusat. Sehingga untuk memberikan pelayanan optimal terhadap hewan ternak masyarakat, paling tidak satu kecamatan satu dokter hewan yang bertugas.

“Di Bangkalan ada 18 kecamatan, jadi harus ada 18 dokter hewan baru jumlah ini cukup ideal. Jadi bisa dikatakan untuk saat ini, kami masih kekurangan dokter hewan,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Pihaknya menuturkan, salah satu  penyebab minimnya tenaga dokter hewan lantaran nihilnya penerimaan PNS maupun pegawai pemerintah perjanjian kontrak (PPPK) di bidang pelayanan kesehatan hewan. Sedangkan dokter hewan yang ada, sebagian sudah menjadi pegawai teknisi di instansinya. Kemungkinan besar, tahun ini akan ada penambahan dokter hewan.

“Formasi yang kami usulkan kemarin 10 orang, kami tidak tahu juga  nanti jadinya berapa. Khawatirnya, ada revisi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan-RB). Jadi kami menunggu keputusannya, kalau misal nanti ada rekrutmen lagi akan kami usulkan lagi untuk memenuhi target ideal,” tuturnya.

Selain itu, sejak tahun 2019 tidak pernah ada rekrutmen CPNS dan PPPK dari paramedik dokter hewan. Sehingga ketersediaan dokter hewan hingga saat ini masih sangat terbatas. “Kalau bisa dipenuhi 1 kecamatan 1 dokter hewan akan ideal, tetapi menurut kami jika lebih banyak, maka lebih baik,” paparnya.

Reporter: KM63

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.