Pelayanan KTP, Dispendukcapil Sumenep Maksimalkan Jemput Bola

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) PELAYANAN: Selain di Dispendukcapil masyarakat juga dilayani di MPP.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Guna memaksimalkan legalitas data masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sumenep menggunakan sistem  jemput bola ke setiap daerah. Salah satunya yang menjadi titik fokus pada pelayanan adalah perekaman dan pencetakan kartu tanda penduduk (KTP). Hal itu sebagai bentuk validasi data yang merupakan kebutuhan dan kembali kepada masyarakat.

Kepala Dispendukcapil Sumenep Sahwan Efendi mengungkapkan, kebutuhan data yang dimaksud setiap warga mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan maksimal, termasuk dengan turun ke bawah dan pelosok.

Bacaan Lainnya

“Sampai ke jalan-jalan sempit itu, ke Kecamatan Pasongsongan ke Montornah itu kami datangi, itu sebagai upaya kami, dan direkam di lokasi,” katanya, Kamis (14/1/2020).

Sahwan menambahkan, jika sudah memperlakukan masyarakat dengan penuh telaten. Sebab dinamika di lapangan berbeda-beda. Salah satunya pihaknya sudah mengatur waktu dan disesuaikan dengan waktu lowong masyarakat, dan hasilnya pihaknya harus menunggu dengan alasan masyarakat masih bekerja, seperti bercocok tanam.

Padahal poin pentingnya identitas baik KTP, KK, dan identitas yang lainnya, adalah semata kepentingan masyarakat baik secara personal dan keluarga. Sebab setiap administrasi kevalidan identitas diprioritaskan.

“Misalnya administrasi di rumah sakit, yang dibutuhkan KTP, nanti masih bingung ngurusin, termasuk ketika dibutuhkan identitas keluarga, anaknya misalnya, maka masih baru diurus,” imbuhnya.

Sebagai inovasi, pihaknya akan menjalin mitra dengan lembaga pendidikan, termasuk pesantren. “Kan kalau di pesantren satuan pendidikannya lengkap, mulai dari PAUD sampai MA, maka sambil program KIA juga barang kali ada yang membutuhkan pelayanan lain, jadi istilah sekali terjun banyak hal yang difasilitasi,” pungkasnya. (ara/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *