oleh

Pelayanan Puskesmas Kedungdung Dipindah ke Balai Desa

KABARMADURA.ID, SAMPANG, KEDUNGDUNG -Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Kedungdung sejak awal Maret dipindah ke balai Desa Kedungdung. Penyebab perpindahan tersebut yaitu lantaran gedung yang lama akan direhab pada  April mendatang.

Kepala Puskesmas Kedungdung, Zahruddin menyampaikan, pelayanan Puskesmas Kedungdung dipindah mulai 1 Maret, sebab tidak menemukan tempat lain.

Ia mengatakan,  terkait kelayakan, balai desa tersebut tidak masuk kategori standar untuk dijadikan tempat pelayanan kesehatan. Sebab, banyak aktivitas yang dibatasi. Semisal, sebagian petugasharus bekerja dari rumah.

“Pelayanan dipindah ke balai desa, kebetulan di sana memang tidak ditempati, selain itu karena tidak ada tempat lain,” tuturnya, Selasa (23/3/2021).

Ia juga membeberkan membeberkan, ruangan di balai desa terbatas, sehingga untuk rawat inap hanya menyediakan tiga tempat tidur, untuk rawat unit gawat darurat (UGD) hanya ada dua. Jumlah tersebut terbilang jauh berkurang  dari sebelumnya. Karena sebelumnya  untuk UGD jumlahnya 4 tempat tidur, untuk rawat inap menyediakan 10 tempat tidur.

“Kapasitas bangunan tidak memenuhi, jadi kami hanya menyediakan semampunya saja,” imbuhnya.

Disinggung soal terbatasnya kapasitas bangunan, dirinya menyampaikan tidak pernah overload. Sebab, banyak warga  yang belum tahu soal perpindahan tempat  pelayanan. Namun, sebagai salah satu edukasi kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan, di gedung lama disediakan petugas dan petunjuk bahwa pelayanan dipindah ke balai Desa Kedungdung.

Bahkan ia berharap, rencana rehabilitasi gedung puskesmas tersebut segera dilaksanakan. Sebab memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat harus diprioritaskan. Namun, saat ditanya sampai kapan akan menggunakan balai desa, dirinya mengaku tidak bisa memastikan.

“Untuk overload tidak pernah, karena ada sebagian masyarakat tidak tahu. Dan untuk pembangunan ini, akan dimulai bulan April,” tuturnya.

Sebelumnya, rehabilitasi gedung Puskesmas Kecamatan Kedungdung mendapatkan kucuran dana sebesar Rp7 miliar dari dana alokasi khusus (DAK) Afirmasi tahun 2021 dari pemerintah pusat. (mal/maf)

Komentar

News Feed