Pelayanan SIM Gratis Wujud Pelayanan Prima Satlantas Sumenep

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ISTIMIMEWA) AKTIF: Satlantas Sumenep siap lindungi dan mempermudah fasilitas pelayanan pembuatan sim kepada masyarakat.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Kabar yang begitu menyejukkan bagi masyarakat Sumenep. Pasalnya, tahun ini ada kebijakan baru tentang pembuatan surat izin mengemudi (SIM) gratis bagi warga yang tidak mampu. Kebijakan itu sebagai upaya mempermudah masyarakat serta sebagai bentuk dalam memberikan pelayan prima.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Sumenep AKP Toni Irawan mengatakan, saat ini pihaknya tengah gencar melakukan sosialisasi tentang pentingnya mentaati peraturan lalu lintas. Selain mengimbau, pihaknya juga akan memberikan fasilitas untuk pembuatan dan perpanjangan SIM gratis untuk masyarakat.

Bacaan Lainnya

”Pelayanan itu merujuk pada PP Nomor 76 Tahun 2020 Tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP),” jelasnya.

Dia juga menjelaskan, pembuatan dan perpanjangan SIM gratis itu berlaku bagi warga kurang mampu. Hal itu sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat agar lebih memahami dan bijak berlalu lintas.

Selain itu, bertujuan sebagai edukasi kepada masyarakat, bahwa SIM bukan hanya simbol atau formalitas saja, melainkan sebagai tolak ukur atau identitas lulus uji dan taat peraturan berlalu lintas.

“Tentunya kami harus siapkan dulu secara matang, kami harus sosialisasikan nantinya,” imbuhnya.

Untuk ketentuannya, sementara ini, masih menunggu kepastian lebih lanjut dari Mabes Polri. “Dan ketika sudah perintah maka kami langsung laksanakan di sini,”  tegasnya.

Di sisi lain, ia juga mengimbau terkait di masa curah hujan yang menyebabkan banjir di beberapa titik perkotaan, pihaknya sering memandu lalu lintas guna memberikan pertolongan kepada masyarakat.

“Musim banjir ini, kami sebagian difokuskan mengawal aktivitas jalanan. Khawatir masyarakat terkendala beraktivitas, kami arahkan ke rute yang aman,” paparnya.

Toni juga mengimbau masyarakat, agar tetap mematuhi aturan berlalu lintas, sebab, selain untuk mawas diri aktivitas lalu lintas juga melihat pengendara lain. Aturan itu tidak hanya ditekankan di area maupun di luar perkotaan.

“Kami pasti menggelar operasi aktif, dan juga di jalan luar perkotaan. Guna masyarakat lebih sadar akan kepentingan dan keselamatan dirinya dan orang lain,” tukasnya. (ara)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *