oleh

Pemain Madura United Merasa Kurang Nyaman dengan Kuliah Online

Kabarmadura.id-Wabah Covid-19 yang merebak hingga Kabupaten Pamekasan memaksa Bek muda Madura United Muhammad Syafiir Ridoni melanutkan kuliahnya via online. Hal itu tidak terlepas adanya peraturan pembatasan mobilitas yang berakibat instansi pendidikan dialihkan ke pembelajaran berbasis online.

Diketahui, berdasarkan data Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) per-Rabu (12/4/2020) malam, penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pamekasan menunjukkan, 5 pasien terinfeksi Covid-19, 5 pasien dalam pengawasan (PDP), dan 53 orang dalam pantauan (ODP).

Pasalnya, Doni tercatat sebagai mahasiswa Jurusan Teknik Industri di Universitas Madura (Unira) yang terletak di Jalan Raya Panglegur Pamekasan. Dia menggunakan media classroom dan zoom untuk mengikuti proses transfer ilmu.

“Proses pelajarannya memakai sistem online menggunakan aplikasi classroom dan zoom, tidak perlu bolak-balik ke kampus (Unira),” ceritanya kepada Kabar Madura, Kamis (23/4/2020) pagi.

Akan tetapi, stoper bernomor punggung 3 di Madura United itu menuturkan, lebih suka belajar di dalam kelas. Menurutnya, pembelajaran dengan tatap muka secara langsung bisa membuatnya lebih mudah memahami penjelasan.

Berbeda dengan pelajaran berbasis online, kata Doni, terkadang masih harus terkendala jaringan. Ketika dosennya menjelaskan terkadang putus-putus atau dirinya telat masuk kelas lantaran loading.

“Belajar langsung dengan dosennya dan diterangkan langsung pelajarannya bisa lebih mengerti, berbeda dengan belajar melalui classroom dan zoom. Apalagi, iya banyak kendalanya, kadang jaringan. Sulit masuk aplikasi loading. Saat dijelaskan tersendat, sehingga terpotong,” sambungnya.

Kondisi tersebut membuat stoper asal Bumi Gerbang Salam ini rindu kondisi normal yang bisa belajar secara langsung di dalam kelas. Serta, dia juga menuturkan, sudah ingin kembali berlatih dalam arahan Pelatih Rahmad Darmawan.

“Kalau harapan, semoga bisa kembali normal seperti semula. Saya bisa kuliah lagi di kelas, tatap muka langsung dengan dosen. Kedua saya juga rindu kembali latihan di Madura United bercanda dengan teman-teman,” tukasnya. (idy/nam)

Komentar

News Feed