Pemasangan 235 PJU di Sampang Terancam Molor

  • Bagikan
(FOTO: KM/IST) REALISASI: Pemasangan 235 titik PJU solar cell masih tahap pengecoran

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Menjelang akhir tahun proyek pemasangan penerangan jalan umum (PJU) solar cell dari terancam molor. Pasalnya, proyek dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) itu sampai belum direalisasikan.

Berdasarkan informasi yang dirangkum Kabar Madura, proyek pemasangan JPU dipusatkan untuk wilayah pantai utara (pantura), yang meliputi, Jalan Raya Banyuates di Desa Trapang, Jalan Raya Ketapang, area wisata Pantai Lon Malang dan Pantai Jodoh Desa Tamberu Barat Kecamatan Sokobanah. Sementara jumlah PJU semuanya ada 235 titik.

Kasi Teknis Sarana Prasarana (TSP) Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Sampang Heri Budiyanto menuturkan, tahun ini pemkab mendapatkan program pemasangan PJU solar cell dari pemerintah pusat, dan saat ini sudah mulai dikerjakan. Dari 235 titik akan disebarkan untuk empat lokasi. Untuk jalan Raya Banyuates 21 titik, untuk Jalan Raya Ketapang ada 200 titik, dan untuk sisanya akan dipasang di depan wisata Pantai Lon Malang dan Pantai Jodoh.

“Sudah dikerjakan pada 21 November kemarin, dan saat ini sudah tahap pengecoran, setelah itu nanti langsung pemasangan PJU solar cell,” ungkapnya, Rabu (2/12/2020).

Bahkan ia mengklaim bahwa, program tersebut selesai sebelum tutup anggaran. Dikatakannya, pemasangan PJU dengan jenis solar cell waktunya tidak lama seperti pemasangan PJU listrik. Sebab, tidak harus daftar ke kantor PLN untuk mengaktifkan.

Adapun pekerjanya langsung dari pemerintah pusat. Diakuinya, jika dinasnya hanya melakukan pengawasan atau monitoring terkait realisasi pemasangan PJU solar cell tersebut. Dijelaskannya, jika anggaran pryeok PJU itu sebesar Rp9,3 miliar.

Deadline tanggal 22 Desember, dan untuk pekerjaannya dari pusat. Yang jelas ini akan lebih cepat karena menggunakan mesin. Dalam minggu ini kita akan mantau kelapangan, ”pungkasnya. (mal/mam)

Baca juga  Bangkitkan Semangat Pemuda untuk Mengembangan Potensi Desa
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan