Pemasangan Sheet Pile di Sampang Terancam Molor

(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) MEGA PROYEK:Pekerjaan pengendali banjir berupa pemasangan sheet pile masih berlangsung di Desa Pasean, Sampang.

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Progres pekerjaan mega proyek pengendali banjir atau sheet pile di Sampang meleset dari perkiraan. Diprediksi, pekerjaan proyek tersebut akan selesai melebih batas masa kontrak. Sebab, capaian progres pekerjaan masih 40 persen. Sedangkan, masa pekerjaan sudah tinggal separuh jalan dari masa kontrak dengan jumlah hari kerja 317 hari.

Anggota Komisi III DPRD Sampang Abdussalam mengaku, progres pekerjaan belum mencapai perkiraan yang semestinya. Seharusnya, sudah mencapai 50 persen lebih. Sebab, pekerjaan dimulai sejak bulan Februari 2021. Sedangkan masa kontrak berakhir pada bulan Desember. Dari masa kontrak yang tersisa, semestinya sudah 50 persen pekerjaan atau lebih.

“Melihat jumlah hari kerja, semestinya persentase hasil pekerjaan minimal 50 persen. Dengan demikian, saya yakin proyek itu akan selesai melebihi bulan Desember,” ujarnya, Selasa (27/7/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, pekerjaan melewati masa kontrak merupakan resiko dari kontraktor. Termasuk resiko denda per hari. Pihaknya hanya wajib mengingatkan, jika pekerjaan tidak boleh dipercepat dengan mengabaikan kualitas. “Kami berharap pelaksana tidak takut dengan denda. Sehingga pekerjaan, tetap dilakukan sesuai perencanaan. Karena, jika pekerjaan dipercepat akan mempengaruhi kualitas,” ucapnya.

Dia menegaskan, jika pekerjaan pemasangan sheet pile  merupakan  proyek yang harus sesuai perencanaan. Jika tidak, maka kekuatan tebing akan berkurang. Dampaknya, tidak bertahan lama menahan kekuatan air dengan  volume meningkat saat musim hujan. Pihaknya berjanji, akan mengawasi hingga ada pembuktian kapasitas sheet pile yang dibangun tahun ini.

Diketahui, pelaksanaan pembangunan pengendali banjir tahun ini di bawah kendali Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). Pekerjaan itu, dikerjakan oleh PT. Jaya Etika Teknik KSO dengan nilai kontrak sebesar Rp63.379.961.000. Kontrak kertas tertanggal 17 Februari 2021 dengan masa pekerjaan selama 317 hari kerja.

Kabid Pengelolaan Sungai, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sampang Indah Sri Wahyuni membenarkan, jika progres pekerjaan masih 40 persen. Pihaknya meyakini, progres pekerjaan akan terus bertambah.  “Pada awal-awal memang masih kesulitan mengenai penempatan material. Sehingga memakan waktu lama. Kemungkinan besar, setelah ini akan lancar dan progres pembangunan lebih cepat,” optimisnya.

Dia menegaskan, jika pekerjaan dimulai dari Desa Pasean. Sehingga, sempat membuat progres pekerjaan agak lambat. “Selama ini belum ada kendala dalam proses pembangunan ini. Kami yakin, pekerjaan akan selesai sesuai jadwal masa kontrak. Sementara untuk pengawasan tetap dilakukan oleh konsultan pengawas,” tukasnya.  (man/ito)

Pelaksana dan Anggaran Proyek Sheet Pile

  • Jaya Etika Teknik KSO
  • Nilai kontrak sebesar Rp63.379.961.000
  • Kontrak kertas tertanggal 17 Februari 2021
  • Masa pekerjaan selama 317 hari kerja
  • Pekerjaan dibawah Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.