Pembahasan Raperda Koperasi dan Peternakan Hewan Sampang Ngambang

  • Whatsapp
(FOTO: KM/SUBHAN) SESUMBAR: DPRD Sampang berjanji segera menuntaskan Raperda Koperasi dan Peternakan.

Kabarmadura.id/Sampang-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang malalui Badan Musyawarah (Banmus) diminta segera menjadwalkan dua rancangan peraturan daerah (raperda), yakni tentang koperasi/ UMKM, dan raperda tentang peternakan hewan. Pasalnya selama ini keberadaan koperasi/UMKM dan peternakan hewan belum memiliki perlindungan hukum dan dijamin oleh pemerintah.

Hal itu disampaikan Moh Rizal, salah seorang mahasiswa asal Kabupaten Sampang. Kata dia, keberadaan koperasi dan peternakan hewan masih kerap diabaikan, tidak ada regulasi yang mengaturnya.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, dirinya mendesak pihak legislatif setempat segera menyelesaikan dua raperda tersebut, membentuk panitia khusus (pansus) untuk membahas dan mengesahkan dua raperda tersebut.

“Terus terang, saya masih meragukan kepedulian, keberpihakan Pemkab dan DPRD Sampang ini terhadap kopersi dan para peternakan, karena sampai saat ini belum ada regulasi atau peraturan yang mengatur secara khusus, makanya kami harap untuk dua raperda ini segera dibahas dan disahkan,” ucap Moh Rizal kepada Kabar Madura.

Kata dia, kehadiran koperasi, UMKM serta usaha peternakan itu sangat berperan penting dalam rangka mendorong pertumbuhan perekoniman di daerah, tak terkecuali di Sampang. Makanya, pemerintah harus hadir, memberikan perlindungan yang jelas, yakni perda yang mengatur dan memberikan perlindungan bagi pelaku Kopersi/UMKM dan usaha peternakan di Sampang.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sampang Amin Arif Tirtana mengatakan, beberapa waktu lalu Banmus DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) setempat sudah mengadakan rapat koordinasi, terkait jadwal dan pembentukan Pansus untuk Raperda koperasi/UMKM dan peternakan/kesehatan hewan itu. Dirinya berjanji untuk dua Raperda itu, akan segera dibahas.

Politisi senior dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu, membeberkan, untuk pembahasan Raperda koperasi/UMKM dan Kesehatan atau peternakanakan hewan itu, sudah tenjadwalkan, sampai tahapan rapat paripurna yang dilakukan secara bersama dalam dua agenda rapat nanti.

“Banmus sudah menjadwal dan membentuk pansus untuk dua Raperda ini. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap langkah pemerintah daerah dalam rangka berupaya meminimalisir sebaran covid-19 di wilayah Sampang. Nanti dalam satu kegiatan paripurna, ada dua agenda sekaligus, yakni tentang paripurna penyampaian pemandangan umum fraksi dan sekaligus mendengarkan jawaban Bupati Sampang, terkait Raperda koperasi/UMKM dan Kesehatan hewan ini,” ujar Amin Arif Tirtana kepada awak media.

Lanjut Aba Amin (Sapaan akrabnya), dirinya menargetkan semua yang berhubungan dengan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat  akan tetap diprioritas, termasuk mempersiapkan aturan dan ketentuan yang berlaku dalam bentuk peraturan daerah yang berkualitas dan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Dengan demikian, dirinya berharap untuk pembahasan  dua raperda tersebut segera tuntas dan dapat dijadikan sebagai landasan dan pedoman dalam menjalankan roda pemerintahan, perlindungan bagi masyarakat yang lebih baik kedepannya.
“Yang jelas, untuk agenda pembahasan dua raperda ini, kita sudah jadwal. Kemungkinan Minggu dapan ini, pada Rabu tanggal 17 Juni 2020 mendatang, semoga tidak ada perubahan lagi,” terangnya. (sub/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *