oleh

Pembangunan 6 Pos Kamling Dinilai Asal-asalan

Kabarmadura.id/Sampang-Pengerjaan proyek pembangunan pos keamanan lingkungan (kamling) yang menggunakan anggaran Alokasi Dana Kelurahan (ADK) 2019, di Kampung Halelah, Kelurahan Polagan, Kecamatan/Kabupaten Sampang, kembali jadi sorotan warga.

Pasalnya, pos kamling yang baru dibangun tersebut, didapati menggunakan bahan yang tidak berkualitas, sehingga saat hendak dimanfaatkan warga, ada sebagian material bangunan yang rapuh.

AY (inisial), warga Kampung Halelah  menyampaikan, pos kamling itu dibangun pada September 2019 lalu, tapi saat ada warga yang hendak menduduki usai pengerjaan tersebut ada kayu yang rapuh. Dirinya menilai, pembangunan yang memakai anggaran ADK sebesar Rp15 juta itu, dikerjakan asal-asalan.

“Setelah pos kamling itu selesai dibangun, warga coba duduk disitu, ternyata sebagian kayu rapuh, berarti kualitas pembangunan itu asal jadi,” Minggu (12/1/2020).

Melihat rendahnya kualitas kayu yang digunakan untuk pembangunan pos kamling tersebut, warga berinisiatif untuk memperbaiki pos kamling dengan cara memasang kayu penyangga di bagian bawah.

Selain itu, Pria 45 tahun tesebut menyampaikan, sebelum ada program ADK 2019, lokasi tersebut sudah memiliki pos kamling dengan kualitas bangunan yang lebih bagus. Namun setelah ada pos kamling baru, bangunan yang lama itu dipindah ke lokasi lain.

“Terus terang, kualitas kayu yang digunakan pos kamling lama jauh lebih bagus dibandingkan pos kamling yang baru ini, kami (warga, red) kecewa,” keluhnya.

Berdasarkan temuan tersebut, Lurah Polagan Abd. Rozak menyampaikan, ada 6 program pembangunan pos kamling yang menggunakan dana ADK tahun 2019 di wilayahnya. Diungkapkannya, setiap pos kamling dianggarkan sebesar Rp15 juta, dengan total anggaran sebesar Rp90 juta.

Pihaknya mengaku tidak tahu terkait kualitas material bangunan yang digunakan. Sebab, pembangunan pos kamling itu dikontraktualkan, bukan dikerjakan oleh pihak kelurahan.

“untuk kualitas kayu kami tidak tahu mas, bukan pihak kelurahan yang mengerjakan,” tutupnya. (km49/pin)

 

Komentar

News Feed