oleh

Pembangunan Area Khusus PKL Minim Anggaran

Kabarmadura.id/Pamekasan-Harapan Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk menempati area khusus PKL di Jalan Kesehatan, nampaknya tidak akan terwujud dalam waktu dekat. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Pamekasan hanya mampu memenuhi sebesar Rp7 miliar dari total kebutuhan Rp15 miliar.

Rinciannya, Rp2 miliar untuk pembangunan tahap awal yang sudah terealisasi pada tahun anggaran 2019. Kemudian Rp5 miliar dianggarkan pada tahun anggaran 2020. Akibatnya, pembangunan fasilitas PKL, termasuk pembangunan food court  belum bisa direalisasikan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan Amin Jabir menjelaskan, untuk pembangunan tahap pertama, baik berupa pemasangan paving, pembuatan saluran dan penerangan sudah selesai 100 persen. Kemudian, untuk pembangunan kedua dengan total anggaran Rp5 miliar, pihaknya fokuskan pada desain induk food court.

Dirinya mengungkapkan, anggaran untuk pembangunan area khusus PKL itu, masih sangat terbatas. Bahkan, dirinya menyebut anggaran yang tersedia hanya mampu memenuhi 40 persen dari kebutuhan pembangunan.

Sebab menurutnya, sesuai perencanaan, pembangunan area khusus PKL membutuhkan total anggaran sebesar Rp15 miliar, namun saat ini hanya tersedia Rp7 miliar. Untuk memenuhi kebutuhan itu, dirinya akan terus melakukan koordinasi dengan Tim Anggaran (Timgar) Kabupaten Pamekasan, agar supaya pembangunan tersebut segera selesai.

“Mudah-mudahan pada tahun 2020 ini bisa selesai,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Ismail, saat meninjau lokasi area khusus PKL mengatakan, saat ini proses pembangunan area khusus untuk menampung PKL di Arek Lancor dan komplek Pasar Sore, masih minim.

Banyak fasilitas yang direncanakan untuk menunjang kegiatan PKL belum terbangun. Namun demikian, dirinya menyebut, realisasi pengerjaan tahap awal dengan total anggaran Rp2 miliar dilakukan sesuai dengan aturan dan panduan yang ada.

“Kalau keinginan bapak bupati sebagai food court. Kita lihat secara fisik, pengerjaan paving, saluran, dan lampu, sudah bagus ya. Kita dukung untuk segera diselesaikan,” paparnya. (rul/pin)

 

Komentar

News Feed