oleh

Pembangunan Embung di Kepulauan Ditangguhkan, Ini Alasannya

Kabarmadura.id/Sumenep-Pemnhbangunan embung di Kecamatan Arjasa kemungkinan besar tidak bisa dilanjutkan tahun ini. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sumber Daya Air Kabupaten Sumenep Chainur Rasyid menjelaskan, gagalnya pembangunan tersebut karena melewati batas-batas waktu pembelanjaan anggaraan 2019. Karena itu, anggaran yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tersebut dikembalikan ke kas daerah (kasda).

“Sudah pasti tidak akan terbayar itu, tidak akan jadi tahun ini. Karena yang pasti dari berbagai hal yang harus dilakukan, sudah tidak memungkinkan lagi untuk terbayar, dan uangnya tetap dikembalikan ke kasda” katanya, Senin (17/2).

Termasuk di perencanaan penggunaan anggaran tahun ini, proses pembebasan lahan tersebut tidak dianggarkan kembali, hal demikian terjadi karena hal itu tidak bersumber dari dana lain misalnya dana alokasi khusus (DAK) atau anggaraan pendapatan dan belanja negara (APBN).

Padahal pihaknya telah menentukan daerah yang akan diberikan proyek pembangunan embung, tetapi berhubung tidak dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang yang berhubungan dengan pembebasan lahan terlebih dahulu, maka untuk sementara waktu ditangguhkan.

Berbeda dengan yang di Kecamatan Pasongsongan yang saat ini pembebasan tanahnya juga sudah tuntas, tinggal proses lanjutan yaitu pembangunan yang tahun ini juga masih belum mendapatkan jatah anggaraan dari APBD.

“Ya tidak akan dilanjutkan. Kan sudah diputuskan kemarin, tahun ini bisa saja dibangun tapi kan tidak dianggarkan, kecuali ada PAK nanti mungkin bisa saja, kami juga berharap ada perubahan agar segera selesai, biar cepat dibangun,” pungkasnya.(ara/pai)

Komentar

News Feed