oleh

Pembangunan Pasar Batuan Gagal Terlaksana Tahun Ini

Kabarmadura.id/Sumenep -Pembangunan Pasar Batuan dipastikan gagal terlaksana tahun ini. Pasalnya, anggaran pembangunan pasar yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tersebut baru cair. Sementara pembangunan harus selesai pada tahun ini juga.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid)Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Kabupaten Sumenep, R. Abd. Said.  Ia memilih untuk mengembalikan dana tersebut ke kas Negara.

“Ya kami kembalikan uangnya, karena sudah tidak ada yang mau mengerjakannya, karena pasar tradisional tersebut harus selesai tahun ini, sementara tinggal beberapa bulan saja ini kan?” katanya kemarin.

Said (Sapaan akrabnya) menyampaikan, proses lambatnya pencarian anggaran untuk Pasar Batuan itu disebabkan oleh kesalahan pihaknya yang kurang paham terhadap teknis pengajuan.

“Kan awalnya itu yang diajukan itu Pasar Marengan, berhubung tanahnya bukan milik daerah tidak di-ACC. Kami tidak tahu ada persyaratan tanahnya harus milik Pemkab, termasuk tanah percaton itu juga tidak bisa,” imbuhnya.

Proses pengajuan susulan dengan mengubah lokasi ke Pasar Batuan sudah lambat, karena ketika objek sasaran diubah maka berkas-berkasnya yang juga harus direvisi atau disesuaikan kembali.

Sekadar diketahui, menjelang batas waktu yang ditentukan, sedikitnya ada lima pasar yang telah digenjot secara serentak, yaitu Pasar Ganding, Pasar Marengan, Pasar Lenteng, Pasar Manding, dan Pasar Raas. Jika kelima pasar tersebut tidak selesai tahun ini, maka pihak ketiga yang bertanggung jawab mengerjakannya terancam mendapatkan sanksi.

Ia berharap agar pengerjaan proyek lima pasar tradisional tersebut segera dituntaskan, sehingga pasar tersebut dapat segera digunakan oleh masyarakat. (ara/pai).

Komentar

News Feed