Pembangunan Pasar di Sampang Ikan Tunggu Kepastian KKP

KABARMADURA.ID | SAMPANGRealisasi pembangunan pasar ikan di Sampang, masih belum ada kejelasan. Padahal dana pembangunannya mendapatkan kucuran dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI sebesar Rp2,1 miliar.

Sesuai laman di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) KKP menunjuk CV. Gunung Sekar Mandiri, Jalan Selong Permai Sampang sebagai pemenang lelang pelaksana proyek pembangunan pasar ikan.

Menurut Kepala Dinas Perikanan Sampang Wahyu Prihartono, pihaknya masih menunggu informasi dan keputusan lebih lanjut dari pusat. Pembangunan pasar ikan tersebut akan ditempatkan di Desa Tamberu Timur, Kecamatan Sokobanah.

Bacaan Lainnya

“Iya benar, Pemkab Sampang tahun ini mendapatkan bantuan pasar ikan dari KKP, tapi kami masih menunggu informasi dan keputusan lebih lanjut dari pusat terkait realisasinya,” ungkap Wahyu Prihartono, Minggu (20/2/2022).

Pihaknya berharap, dengan adanya pembangunan pasar ikan itu, akan tercipta penguatan daya saing produk kelautan dan perikanan. Serta pemasaran perikanan yang bersih dan segar di daerah yang berslogan Kota Bahari tersebut.

Rencana awal proses pembangunannya dijadwalkan mulai dikerjakan pada bulan Januari dan ditarget selesai bulan Mei mendatang. Sehingga pada bulan Mei atau Juni, keberadaan pasar ikan tersebut sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Infonya pemenang tender sudah keluar, namun untuk realisasinya kita masih tunggu keputusan dan pejabat KKP turun,  karena kami di daerah hanya penerima dan menyediakan tempatnya,” bebernya.

Menanggapi hal itu, warga Tamberu, Sokobanah Sampang, Moh. Ilyas (42) meminta kepada pemerintah daerah dan pusat, agar dapat melibatkan masyarakat setempat dalam proses perencanaan hingga pembangunan. Harapannya, keberadaan pasar ikan itu dapat sesuai dengan kemauan dan keinginan masyarakat. Sehingga bisa bermanfaat secara optimal.

“Kami menyambut baik adanya rencana pembangunan pasar ikan di Tamberu Timur ini. Tetapi kami minta agar masyarakat setempat dilibatkan, sehingga bisa sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat nantinya,” harapnya.

Reporter: M. Subhan

Redaktur: Sule Sulaiman

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.