Pembangunan RPH Tanjung Bumi Gagal

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) SEPI: Salah satu penjagal sapi saat berada di RPH di Desa Bancaran Bangkalan, kemarin.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Rencana pembangunan rumah potong hewan (RPH) di Tanjung Bumi kembali gagal. Padahal sebelumnya sudah direncanakan sejak tahun 2020. Namun karena adanya pemangkasan, sehingga hal itu membuat rencana pembangunan RPH tidak bisa direalisasikan tahun ini.

Kepala Dinas Peternakan Bangkalan Ahmad Hafid menjelaskan, pembangunan RPH Tanjung Bumi harus digagalkan kembali. Hal tersebut dikarenakan ada penyusutan anggaran. Sebelumnya sudah direncanakan di tahun 2020. Mengingat 11 RPH lainnya tidak semuanya produktif.

Bacaan Lainnya

”Tahun ini sebenarnya bisa dibangun, karena lahannya sudah dibebaskan,” paparnya.

Pembangunan RPH di Tanjung Bumi tersebut disinyalir dapat meningkatkan PAD. Sebab, infornasi banyak pemotongan yang dilakukan di luar RPH. Sehingga kualitas dan jaminan hasil potongan tidak bisa dilakukan pengawasan.

”Kami ingin memanfaatkan peluang itu, karena bisa menyumbangkan PAD cukup besar.

Diketahui realisasi setoran PAD RPH Tanah Merah sampai akhir Oktober 2020 sejumlah Rp 75.185.500,-  atau 2899 ekor. Sedangkan penyumbang PAD terendah RPH Sepuluh dengan Rp1.300.500,- 51 ekor.

”Ini hanya salah satu perbandingannya, kami yakin RPH Tanjung Bumi bisa jadi penyumbang tertinggi,” tuturnya.

Salah satu penjagal sapi H Hasan mengatakan, bahwa pemotongan di RPH Bangkalan semakin berkurang. Hal itu karena banyak warga yang biasanya dari Tanjung Bumi tidak lagi melakukan pemotongan. Sebab biaya kirim dan ongkosnya juga lebih mahal. ”Retribusi potongnya memang sama, tapi ongkos kendaraannya beda,” jelasnya.

Hasan juga mengaku menyayangkan jika pemotongan di Tanjung Bumi tidak dikoordinir oleh pemkab. Padahal di wilayah tersebut sangat membutuhkan pemotongan.

”Saya kira ini harus menjadi atensi, agar bisa dimanfaatkan dengan baik,” pungkasnya. (km 59/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *